18/06/19

Jenius !, inilah 10 orang dan beberapa orang lainnya, dengan IQ tertinggi di Dunia

   Untuk postingan kali ini. Tentang orang-orang dengan IQ tertinggi di dunia. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari IQ ini. IQ adalah singkatan dari Intelligence Quotient, Apa itu ?. IQ adalah sesuatu yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Lalu kapan munculnya pengertian IQ ?. Bermula dari seorang ahli psikologi Perancis bernama Alfred Binet (July 11, 1857 – October 18, 1911). Binet mengembangkan sebuah tes untuk mengukur tingkat kepintaran seorang anak secara verbal. Tes ini adalah untuk memastikan seorang anak usia enam tahun sanggup memecahkan permasalah yang standar untuk anak usia enam tahun. Sehingga apabila ada anak yang tidak lulus tes Binet akan diketahui dengan cepat dan diambil tindakan awal.
      Penyempurnaan dari tes Binet diumumkan oleh pakar psikologi asal Amerika bernama David Wechsler (January 12, 1896 – May 2, 1981). Istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.
    Model tes yang kemudian dikenal dengan model tes Wechsler ini menyajikan tes yang lebih bervariasi guna mendapatkan hasil yang lebih lengkap. Baiklah berikutnya inilah siapa saja orang dengan IQ tinggi, saya ambil 10 orang di dunia ini :

1. Stephen Hawking
   (IQ : 160)
   Ia seorang profesor Lucasian dalam bidang Matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Dia juga dikenal akan sumbangannya di bidang fisika kuantum, terutama teori-teorinya seputar kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking. Dengan IQ mendekati Albert Einstein. Pada kisaran ini terdapat juga Steve Jobs seorang pendiri perusahan raksasa bidang teknologi Apple Inc., dengan IQ 160. kisaran ini ada juga Paul Allen: Seorang penduduk asli Seattle, Mantan co-founder Microsoft mencetak lebih tinggi dari Bill Gates (dengan IQ kisaran 160) pada SAT pra-1995, dengan 1600 sempurna. Itu 10 poin lebih dari mitra Microsoft-nya

Stephen Hawking

  Paul Allen : dilaporkan memiliki IQ antara 160 dan 170. Allen lahir pada tahun 1953 di Seattle dan berteman dengan Bill Gates saat masih di sekolah. Allen dan Gates bersatu kembali dan bersama-sama mengembangkan perangkat lunak untuk mikrokomputer pertama dengan mengadaptasi BASIC, bahasa pemrograman populer yang digunakan pada komputer besar, untuk digunakan pada mikrokomputer. Allen meninggal dunia karena kanker di usia 65 tahun/

 Allen dan Gates                        Paul Allen


2. Albert Einstein
   (IQ : 160-225)
    Seorang ilmuwan (Fisikawan), ahli fisika terbesar abad ke-20. Teori-teori fisikanya hingga kini sangat bermanfaat bagi perkembangan sains modern, seperti sel foto elektrik dan laser, tenaga nuklir dan serat optik, perjalanan ruang angkasa, bahkan semikonduktor. Apa yang ada di rumah kita, seperti TV, DVD, remote control, pintu otomatis itu bisa dibuat karena rumus-rumus fisika Einstein.
   Einstein telah mengasilkan artikel ilmiah yang diterbitkan pada tahun 1905, ia kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia untuk teori relativitas umum dan Hadiah Nobel pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang fenomena yang dikenal sebagai efek fotolistrik. Sebagai seorang pasifis yang blak-blakan yang secara terbuka diidentifikasi dengan gerakan Zionis, Einstein beremigrasi dari Jerman ke Amerika Serikat ketika Nazi mengambil alih kekuasaan sebelum Perang Dunia II. Dia tinggal dan bekerja di Princeton, New Jersey, selama sisa hidupnya.

Albert Einstein



 3. Judit Polgar
   (IQ : 170)
    Seorang wanita asal Hungaria yang paling diakui di dunia catur. Dengan IQ supernya, ia mendapat  predikat Grandmaster pada usia 15 tahun 4 bulan. Judit Polgar memang lahir dari keluarga yang tidak biasa. Sang ayah yang terobsesi pendidikan, membesarkan Judit bersama kakak dan adiknya dalam sebuah penelitian pendidikan. Dan rupanya eksperimen tersebut berhasil. Setidaknya dalam bidang catur. Dia adalah wanita pertama yang mengalahkan juara catur dunia, Gary Kasparov. Dia adalah wanita berperingkat No. 1 di dunia dari Januari 1989 hingga daftar peringkat Maret 2015, ketika ia dikalahkan oleh pemain China Hou Yifan; dia adalah No. 1 lagi di daftar peringkat wanita Agustus 2015, dalam penampilan terakhirnya di Peringkat Dunia FIDE.

 Judit Polgar

4. Leonardo Da Vinci
   (IQ : 180-220)
      Kisaran 190 sampai 220 ini hasil dari riset para insinyur di Chicago, Libb Thims. Sementara Sir Isaac Newton (Fisikawan dan ahli matematika Inggris) mencapai 190 sampai 200, Galileo Galilei berada di kisaran 180-200. Manusia jenius ini, adalah seorang ahli di bidang pelukis, pemahat / pematung, penemu, penulis, filsuf, musik, matematika, arsitektur, dan musisi Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan "genius universal". Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, geologi, kartografi dan seni. Mahakarya yang terkenal darinya adalah lukisan Monalisa  dan Jamuan Terakhir. Leonardo tetap menjadi seorang empiris pengamatan visual. Justru melalui pengamatan ini — dan kejeniusannya sendiri — ia mengembangkan “teori pengetahuan” yang unik di mana seni dan sains membentuk sintesis. Karena itu, dalam menghadapi pencapaiannya secara keseluruhan, pertanyaan tentang seberapa banyak dia menyelesaikan atau tidak menyelesaikan menjadi sia-sia. Inti masalahnya adalah kekuatan intelektualnya - mandiri dan inheren dalam setiap ciptaannya - kekuatan yang terus memicu minat ilmiah hingga saat ini.

Leonardo Da Vinci


5. Marilyn Vos Savant
   (IQ : 190)
    Vos Savant adalah wanita yang jenius, Perempuan berdarah Jerman-Italia ini memiliki IQ 190. dia aktif dalam dunia tulis-menulis dan mampu memberikan saran dan jawaban tentang pertanyaan apapun. Kolom mingguannya di majalah Parade yang berjudul 'Ask Marilyn' sangat terkenal. Dia menjawab berbagai pertanyaan sulit mulai dari teka- teki, pelajaran sekolah, logika dan lain-lain.    
     Meskipun memiliki IQ yang belum pernah terjadi sebelumnya, vos Savant memiliki pendidikan yang normal seperti orang lain. Dia pergi ke sekolah menengah setempat dan bekerja di toko umum ayahnya sepulang sekolah. Dia memulai karir sarjana di Meramec Community College, kemudian pindah untuk belajar filsafat di Universitas Washington di St. Louis, meskipun dia keluar setelah dua tahun.Pada awal 1980-an, vos Savant pindah ke New York City dan mulai mengejar karir dalam menulis, mulai dari yang kecil dan menulis kuis IQ untuk majalah Omni sebelum mendapatkan pekerjaan di Parade. Di sana, dia mulai di suatu kolom, di mana orang bisa mengajukan pertanyaan mereka, dan dia akan menjawabnya.

Marilyn Vos Savant

6. Garry Kasparov
   (IQ : 194)
     IQ yang dimiliki Kasparov dikabarkan mencapai 194. Dia menduduki peringkat 1 dunia di kejuaraan catur pada usia 22 tahun. Pada tahun 1996, Kasparov berhasil mengalahkan komputer Deep Blue milik IBM, meskipun setahun kemudian dia dikalahkan balik dengan komputer catur canggih ini. Setingkat diatasnya terdapat Christopher Michael Langan yang dijuluki "The Smartest Man In Amerika", dia berprofesi sebagai intelektual, peneliti independen, dengan IQ 195-210. Dianggap oleh beberapa sumber media sebagai "orang paling cerdas di Amerika," ia menjadi terkenal pada 1999 sementara bekerja sebagai penjaga di Long Island, Langan telah mengembangkan "teori hubungan antara pikiran dan realitas" -nya sendiri yang ia sebut sebagai "Model Kognitif-Teori Alam Semesta (CTMU). Oh ya, ternyata dari Indonesia ada lho yang ber-IQ di lisaran ini. Ya, Pak B.J. Habibie dengan  IQ 200  Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie

Garry Kasparov


                                               Christopher Michael Langan         Prof. Dr. Ing. H. B/J. Habibie




7. Kim Ung-Yong
   (IQ : 210)
     Di Guiness World Record, dimana mereka mencatat bahwa IQ Kim mencapai 210.Kepintaran Kim sendiri sebenarnya sudah terlihat sejak masih balita.Kim Ung-Yong Lahir pada tanggal 7 Maret 1962 di Hongje-Dong, Seoul, Korea-Selatan. Ayahnya bernama Kim Soo-Sun adalah seorang Professor. Bayangkan saja, di usia 2 tahun, ia sudah menguasai 4 bahasa dan di usia 4 tahun, ia sudah mengikuti kuliah. Kemudian, dalam wawancaranya di televisi Jepang pada tanggal 2 November 1967, dia menunjukan kemampuannya dalam berbahasa China, Spanyol, Vietnam, Tagalog, Jerman, Inggris dan Jepang serta Korea, dan juga berhasil memecahkan soal diferensial yang amat rumit dan soal integral kalkulus. Dia tidak pernah menjalani kehidupan normal - kehidupan di mana dia belajar di sekolah menengah dan kemudian sekolah menengah dan kemudian lulus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hidup hanya bergerak terlalu cepat dan semua pujian dari orang-orang di sekitarnya membuatnya berpikir dia melakukan hal yang benar. Dan orang-orang yang sama menyalakannya ketika dia kembali seolah-olah mereka memiliki suara dalam apa yang harus dia lakukan dalam hidup."Orang-orang terlalu menekankan IQ.", Kata Kim.IQ tidak mahakuasa, dan kisah Kim membuktikannya. Ini hanyalah bakat lain seperti menjadi sangat baik dalam olahraga atau musik. Dan bukan apa-apa tanpa kebijaksanaan, yang perlahan-lahan dikumpulkan Kim sepanjang hidupnya. Semua dikatakan dan dilakukan, dia pasti akan menjadi profesor yang brilian, yang tahu bagaimana menangani siswa berbakat dan bermasalah.


Kim Ung-Yong (kiri masa kecil dan kanan sekarang)



8. Christopher Hirata
   (IQ : 225)
  Ia adalah seorang ahli kosmologi (astrofisikawan). Dengan IQ sebesar 225, ia sudah dipanggil ke perusahaan Caltech pada saat usianya baru 14 tahun. Dan di usia 16 tahun, ia ditarik NASA untuk mengerjakan proyek kolonisasi Planet Mars. Hirata adalah dua dari 96 peneliti Presiden Obama dan penerima Awal Presiden Choice Karir untuk ilmuwan dan kehormatan tertinggi Engineers-the diberikan oleh Pemerintah AS untuk ilmu pengetahuan dan rekayasa profesional di tahap awal mereka karier penelitian. Di Caltech, ia merenungkan cara terbaik untuk mengirim manusia ke Mars. Tetapi ketika dia tiba di Princeton pada tahun 2001 untuk mengikuti program doktoral, rasa penasarannya menetap lebih jauh di luar tata surya. Sloan Digital Sky Survey membuat peta galaksi 3-D, dan Wilkinson Microwave Anisotropy Probe berjanji untuk memberikan "gambar bayi" alam semesta dengan memetakan cahayanya yang tertua. Ph.D. yang berusia 18 tahun siswa ingin membuat perbedaan dalam memahami bagaimana alam semesta berevolusi. Saat ini,
Hirata bekerja untuk mengukur efek energi gelap, kekuatan tak terlihat yang memperluas ruang kosong antara kelompok galaksi dengan kecepatan yang semakin cepat, dengan diam-diam menentang gravitasi. Jika dominasi energi gelap dari alam semesta berlanjut tanpa terkekang, lebih dari miliaran tahun setiap galaksi akan terdorong keluar ke "lautan ketiadaan," kata Hirata. Akhirnya, mungkin bahkan partikel yang membentuk dunia kita akan saling menjauh.Tetapi apakah teori itu benar? Teleskop masa depan dapat membantu kita mencari tahu, kata Hirata, dan "jika demikian, kita akan dipaksa untuk menghadapi implikasi filosofis yang tersirat tentang masa depan kita."

Chris Hirata


9. Terence Tao
   (IQ : 225-230)
   Seorang Ahli Matematika Jenius berkebangsaan Australia.  Ia adalah dosen di University of California.Di usia 2 tahun, usia yang menurut sebagian orang tua masih masa pertumbuhan, Tao sudah bisa melakukan penghitungan Matematika dasar. Di usia 9 tahun dia sudah belajar matematika sekelas universitas, sebelum akhirnya resmi meraih gelar Ph.D di usia 20 tahun. Tingkat IQ Tao berada di atas rata-rata, yakni 230."Kebanyakan orang, dihadapkan dengan masalah matematika, akan mencoba menyelesaikan masalah secara langsung," katanya. "Bahkan jika mereka mendapatkannya, mereka mungkin tidak mengerti persis apa yang mereka lakukan. Sebelum saya mencari tahu detailnya, saya mengerjakan strategi. Setelah Anda memiliki strategi, masalah yang sangat rumit dapat dipecah menjadi banyak masalah kecil. Saya tidak pernah benar-benar puas dengan hanya menyelesaikan masalah. Saya ingin melihat apa yang terjadi jika saya melakukan beberapa perubahan; apakah masih akan bekerja? Jika Anda cukup bereksperimen, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Setelah beberapa saat, ketika sesuatu yang serupa muncul, Anda mendapatkan gagasan tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil. Akankah Tao menjadi ahli matematika yang lebih baik lagi dalam satu dekade ke depan?. "Pengalaman banyak membantu," katanya. “Saya mungkin sedikit lebih lambat, tetapi saya akan memiliki akses ke basis data trik yang lebih besar. Saya akan lebih tahu apa yang akan berhasil dan apa yang tidak. Saya akan lebih sering 'deja vu', melihat masalah yang mengingatkan saya pada sesuatu. ". Jika diartikan secara harfiah maksudnya adalah "pernah dilihat" lebih jelasya adalah femomena merasakan sensasi kuat bahwa suatu peristiwa atau pengalaman yang saat ini sedang dialami sudah pernah dialami di masa lalu.

Terence Tao


10. William James Sidis
    (IQ : 250-300)
   Seorang manusia paling jenius yang pernah ada di Bumi ini. Orang paling jenius dalam sejarah. Kejeniusannya sesungguhnya tidak kurang dari Einstein, Edison, Mozart, Da Vinci dan lainnya.
William James Sidis lahir dari imigran Ukraina Yahudi pada 1 April 1898, di New York City. Ayahnya Boris Sidis, Ph.D., M.D., telah beremigrasi pada tahun 1887 untuk menghindari penganiayaan politik. Ibunya Sarah Mandelbaum Sidis, M.D., dan keluarganya telah melarikan diri dari pogrom pada tahun 1889. Sarah bersekolah di Universitas Boston dan lulus dari Fakultas Kedokteran pada tahun 1897.William dinamai ayah baptisnya, teman dan kolega Boris, filsuf Amerika William James. Boris meraih gelar sarjana di Universitas Harvard, dan mengajar psikologi di sana. Dia adalah seorang psikiater, dan menerbitkan banyak buku dan artikel, melakukan pekerjaan perintis dalam psikologi abnormal.
    Ia memiliki banyak minat di berbagai bidang pengetahuan (kedokteran, matematika, astronomi, hukum, mesin, sipil, bahasa dll. Ia telah menjadi obyek dari eksperimen Boris Sidis sang ayah yang seorang psikolog. Masuk Harvard ketika masih berumur 11 tahun untuk belajar matematika. Pada umur 2 tahun ia sudah terbiasa membaca New York Times dipagi hari. Ia juga mampu menulis buku tentang anatomi dan astronomi ketika masih berusia 8 tahun. Meninggal di usia 46 tahun karena pendarahan di otak dan sayangnya Ia belum banyak menyumbangkan ilmunya untuk kemaslahatan umat manusia.
 William James Sidis

    Demikianlah postingan untuk saat ini, tentang IQ dan orang-orang mempunyai IQ tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat.




















19/05/19

Galileo Galilei, seorang ilmuwan bidang Astronomi yang mengubah dunia (bagian-2)

     Baiklah saya lanjutkan kembali tentang seorang penemu yaitu  Galileo Galilei, Ilmuwan yang mengubah dunia.

Supernova

        Pada tahun 1604 sebuah peristiwa astronomi yang langka terjadi, yang sekali lagi menimbulkan sedikit goncangan dalam kalangan ilmuwan ~ munculnya supernova di bentangan langit malam, dengan terangnya yang hanya kalah oleh Bulan. Dahulu Aristoteles menyatakan bahwa semesta tidak pernah berubah. Gagasan Aristoteles yang telah berusia dua ribu tahun digoncangkan oleh peristiwa yang teramati itu. Penampakan supernova hanyalah sebatang paku tambahan yang siap untuk menutup peti mati ajaran filsuf-filsuf Yunani. Kendatipun demikian, gagasan Galileo serta pendukung-pendukungnya yang revolusioner itu bukannya tanpa tentangan.

Teleskop

         Pada bulan Juli 1609, ketika Galileo berusia empat puluh lima tahun, ia pergi mengunjungi sahabatnya Paolo Sarpi di Venesia. Dalam salah satu obrolan santai mereka, Sarpi mengatakan bahwa dari seorang kenalannya di luar negeri ia mendapatkan kabar tentang seorang pembuat kacamata Belanda, Hans Lipperhey, yang menemukan sebuah alat; alat itu disebutnya teleskop. Sekembalinya ke Padua, Galileo mulai merancang dan membuat teleskop menurut versinya sendiri. Kebanyakan orang memandang teleskop sebagai barang baru, karena itu tidak begitu mempersoalkan mutunya. Galileo bertekad menyempurnakan permukaan yang mengkilap sekali, kemudian memasang semacam pelindung agar cahaya tidak masuk melalui bagian tepi lensa yang cenderung membengkokkan bayangan. Dengan modifikasi yang cukup sederhana ini, ia mampu dan menghasilkan bayangan yang jauh lebih jelas.























Galileo dan Teleskop


Dijatuhi hukuman

        Sembilan tahun sesudah menerima instruksi dari Roma, Galileo menyelesaikan bukunya, Dialog Menyangkut Dua Sistem Utama Tentang Dunia (Dialogue Concerning the Two Chief Systems of the world). Dan, badai yang paling besar segera datang. Galileo dipanggila lagi ke Roma untuk diadili. Galileo yang berusia enam puluh sembilan tahun diperlakukan sebagai pesakitan. Namun sahabat-sahabatnya cukup berpengaruh dalam Inkuisisi tanpa ragu-ragu menyelamatkannya dari hukuman mati. Ia hanya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Galileo menjalani tahanan rumah. Ini berarti bahwa ia boleh tinggal di sebuah rumah kecil dekat Florence namun dibawah penjagaan dua puluh empat jam sehari dan tidak boleh meninggalkan halamannya.Buku-bukunya ditarik dari peredaran dan dilarang diperjualbelikan apalagi disebarluaskan. Surat-surat dari sanak keluarga dan sahabat-sahabatnya disensor dan orang hanya boleh mengunjunginya apabila telah mendapatkan izin khusus dari Roma.

Bertahan hidup

        Mula-mula hukuman itu terasa menyiksa bagi ilmuwan besar ini. Ia sempat mengalami tekanan batin yang sangat berat dan semakin berta setiap hari merenungkan perlakuan buruk yang dialaminya. Tahun 1633 itu juga ia sakit keras, akibat penyakit infeksi yang menyerangnya sejak sebelum diadili. Musuh-musuhnya di Roma tidak memberinya izin untuk berobat ke Florence sehingga penyakit yang diderita semakin parah. Akan tetapi sahabat-sahabat sejatinya berhasil menemui Paus dan berhasil memperoleh izin untuk mendatangkan dokter ke rumah Galileo. Untunglah, kekuatan yang terdapat dalam dirinya berangsur-angsur pulih kembali. Dalam usia tuanya itu untuk beberapa saat, ia sengaja menikmati hal-hak di luar bidang sains.Ia mulai melukis lagi dan bermain kecapi seperti ketika masih muda. Sesudah itu barulah perlahan-lahan ia menurutkan hasratnya untuk menekuni kembali ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahunya yang besar seerta bakatnya untuk berimajinasi pulih sedikit demi sedikit. Ia mulai menulis lagi dan dalam tahun-tahun terakhirnya,ia menghasilkan temuan-temuan dalam mekanika yang sampai sekarang terus berperan. Satu di anatar beberapa kekecualian yang diberikan oleh para pejabat Gereja adalah bahwa dalam pengucilannya, ia dilengkapi dengan peralatan ilmiah dan boleh meneruskan pengamatannya terhadap Bulan, bintang-bintang, dan planet-planet dengan menggunakan teropong terbarunya.


"Dua Ilmu Baru"
  
          Antara tahun 1634 dan 1637, dalam masa hukumannya, Galileo Galilei menghasilkan sebuah buku yang kini dianggap sebagai karya sains terbesarnya. Ia menyebut buku barunya ini Dua Ilmu Baru (Two New Sciences). Dalam buku ini, dengan gaya penyajiannya yang biasa, yaitu berbentuk cerita dengan tokoh-tokoh yang membicarakan setiap masalah, ia menerangkan dua bidang baru yang penting dalam sains, yang sangat berbeda. Dalam paruhan pertama bukunya, ia membahas masalah gerak, yakni bagaimana benda-benda bergerak serta gaya-gaya yang mempengaruhi benda-benda tersebut dalam paruhan kedua, ia berbincang tentang sifat-sifat zat, dan bagaimana zat yang berbeda dapat dilebur dan diatur ke dalam berbagai bentuk yang berbeda. Pokok bahasan dalam paruhan pertama membuka jalan bagi pengembangan selanjutnya oleh fisikawan-fisikawan generasi sesudahnya, antara lain oleh si jenius Sir Isaac Newton yang lahir ketika Galileo wafat.

Diterbitkan

         Paruhan kedua buku Dua Ilmu Baru sesungguhnya membahas masalah yang betul-betul baru karena belum pernah ada ilmuwan lain yang mempelajari sifat-sifat zat sevara matematika.. Buku ini memperkenalkan teori-teori yang menyangkut berbagai hal, dari mengapa ada bahan yang elastik dan yang tidak, sampai alasan-alasan mengapa suatu bahan dapat menghantarkan panas dengan baik. Galileo tidak pernah miskin dalam hal gagasan. Ia memang seorang jenius yang matang. Yang menjadi masalah adalah bahwa ia dilarang menerbitkan hasil karyanya. Dengan bantuan kawn-kawannya, Galileo secara rahasia dapat berhubungan dengan sebuah perusahaan di Belanda, sebuah negara yang cukup jauh dari kekuasaan Roma, untuk mencetak bukunya. Naskah berhasil diselundupkan melewati para penjaga. Pada tahun 1638,kaya Galileo yang paling agung, dua Ilmu Baru, dapat diterbitkan.

Hari-hari akhir

   Galileo bekerja sampai saat terakhirnya. sains sudah mendarah daging dalam tubuhnya. Pada tahun 1637, dalam minggu-minggu terakhirnya ketika menyelesaikan Dua ilmu Baru, ia ditimpa malapetaka baru. Ia terkena infeksi mata dan berangsur-angsur menjadi rusak dan akhirnya kehilangan penglihatan sama sekali. Ia diperbolehkan menggunakan asisten untuk membantu mengerjakan pengamatan-pengamatan ilmiahnya dan melaporkan hasilnya.

Warisan Galileo Galilei

       Sumbangan Galileo kepada dunia ilmu pengetahuan sungguh tidak terukur. Bagi banyak orang, ia menggunakan citra generasi Renaissance.Ia meletakkan dasar bagi Newton untuk mengembangkan temuan-temuannya satu generasi kemudian. Dan selain itu, prinsip-prinsipnya tentang gerak masih digunakan sampai hari ini dalam setiap bidang sains. Galileo mengubah teleskop dari sebuah mainan yang buruk menjadi sebuah instrumen ilmiah dengan kegunaan yang tidak terbatas.  Ia menemukan konsep tentang percepatan dan menerapkan gagasan tersebut ke dalam rumusan matematika yang digunakan dengan cara hampir sama dewasa ini. Ia merevolusi pemahaman kita tentang apa yang dialami oleh benda-benda yang jatuh bebas dan menjelaskannnya denganm percobaan yang teliti dan sederhana namun belum pernah terbayangkan oleh orang lain.dalam banyak hal, dialah fisikawan pertama yang memecahkan permasalahan melalui eksperimen.Pendekatan dengan cara itu betul-betul baru pada zamannya.
       Sebelum Galileo, Eropa adalah tempat berkumpulnya orang-orang pintar tak berguna,karena semua pemikiran ilmiah didasarkan pada gagasan-gagasan yang naif dan ketinggalana zaman dari orang yang hidup dua ribu tahun sebelumnya. sesudah kematiannya, segala sesuatu mulai berubah cepat sekalai sehingga kita patut berterima kasih atas pandangan kedepannya yang begitu sempurna serta usahanya yang tanpa henti untuk membuat dunia berpikir. Sikapkolot dan kaku dalam beragama yang kemudian menghukuk Galileo memang berhasil mengalahkan badannya saja namun bukan semangatnya. Ia tidak pernah berhenti mendarmabaktikan kejeniusannya.

      Demikianlah postingan untuk saat ini, tentang ilmuwan yang mengubah dunia. Galileo Galilei, seorang cendekiawan Italia yang cemerlang namun dikucilkan karena pandangannya mengenai alam semesta.

















17/04/19

Galileo Galilei, Ilmuwan yang mengubah dunia

    Untuk postingan kali ini mengenai bidang Astronomi. Saya akan mengulas kisah perjuangan Galileo Galilei, seorang ilmuwan terkemuka. Penemuannya atas gerak bandul dan pengembangan yang dilakukannya atas teleskop, membuat dirinya terkenal di seluruh Eropa bahkan hingga ke seluruh dunia. Galileo sangatlah mengagungkan kebenaran. Tekadnya sangat kuat untuk membuktikan kekeliruan yang telah melekat erat selama berabad abad. Ia menentang teori Aristoteles yang dihangatkan kembali oleh para veteran Perang Salib bahwa Bumi diam dan merupakan pusat alam semesta, sementara Matahari berputar mengitarinya. Sebaliknya, Galileo membuktikan bahwa justru Bumi yang berputar mengitari matahari. Karena berani menentang dan terus menentang para pemimpin gereja dalam masalah ini, akhirnya Galileo yang sudah tua renta ditangkap dan dihadapkan ke pengadilan di Roma. Disana dia dinyatakan bersalah sebagai penyebar ajaran yang dapat mengurangi kewibawaan Gereja. Galileo dihadapkan ke pengadilan dalam bulan April 1633 ketika berusia enam puluh sembilan tahun. Ia dipaksa untuk menarik kembali pandangan-pandangannya. Walaupun demikian, di dalam hati ia tetap berkata, "bagaimanapun bumi memang bergerak !".
    Astronomi modern berhutang besar sekali kepada Galileo. Ia salah seorang astronom besar yang meletakkan dasar untuk pandangan modern kita tentang sistem tata surya. Dewasa ini, para ilmuwan dapat menguak jauh ke dalam ruang angkasa dan mendeteksi radiasi dari bintang-bintang yang berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi. Pada saat itu pemimpin Gereja Katolik Roma adalah Paus Urbanus. Paus menjalin persekutuan politik yang kuat dengan negara-negara lain dibawah pengaruhnya guna menahan penyebaran paham reformasi, paham yang dianggap sesat oleh Gereja Katolik. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila ia juga menganggap ajaran Galileo bisa berbahaya bagi Gereja Katolik. Ajaran itu dapat disalah gunakan oleh pihak-pihak yang menentang agama Katolik. Pada setiap persidangan, Galileo terus menyatakan diri tidak bersalah, meskipun terpaksa mengubah pendangan-pandangannya untuk menyelamatkan nyawanya, akhirnya setelah berminggu-minggu menjalani interogasi dan pemeriksaan, tibalah saat pembacaan vonis. Galileo dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Terjadinya "Dialog"

 Pengadilan Galileo pada tahun 1633 merupakan puncak dari serangkaian peristiwa yang telah dimulai hampir seabad sebelumnya berupa terbitnya sebuah buku berjudul Revolusi Bola-bola Langit (The Revolution of the Heavenly Spheres). Buku itu ditulis oleh seorang astronom Polandia, Nikolaus Kopernikus. Dalam buku tersebut, Kopernikus mengatakan bahwa Bumi hanyalah sebuah planet yang mengorbit di seputar Matahari. Pandangan ini bertolak belakang sama sekali dengan pandangan yang diterima secara resmi, karena itu langsung dicap sebagai ajaran sesat oleh para pejabat Gereja Katolik. Hingga pada tahun 1633 di jantung peradaban Eropa, seorang ilmuwan terkemuka pada zaman itu diseret ke hadapan Inkuisisi. Galileo dituduh melakukan tindak kejahatan sebagai penganut aliran sesat karena dukungannya atas pandanagn yang diperkenalkan oleh Kopernikus. Sembilan tahun sebelumnya, Galileo telah diminta oleh Paus Urbanus VIII untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah tentang pandangan-pandangan yang ada sampai saat itu mengenai alam semesta, sepintas lalu, seolah pihak Gereja ingin agar Galileo dengan adil dapat menyatakan mana yang benar dari pandangan-pandangan itu, namun yang diinginkan adalah agar ilmuwan yang disegani itu mau berada di pihak yang menentang teori Kopernikus. Kerja keras Galileo menghasilkan sebuah buku yang berjudul Dialog Antara Dua Sistem Utama Menyangkut Alam Semesta (Dialogue Concerning the Two Chief Systems of the World).




 Lingkungan Gereja
     Pola berpikir orang Eropa dalam abad keenam belas dikendalikan oleh dua kekuatan besar : Gereja Katolik Roma yang dipimpin oleh Paus, dan para filsuf yang sebagian besar menganut pandangan filsuf Yunani dua ribu tahun sebelumnya, Aristoteles. Gereja mempunyai pengaruh yang besar sekali pada kehidupan kebanyakan penduduk Eropa, dan ini paling tampak pada bangsa Italia yang sebagian besar adalah penganut saleh ajaran Katolik. Dalam masa kanak-kanak Galileo, satu diantara dua belas orang yang tinggal di Roma adalah seorang imam atau seorang biarawati. Ini memperlihatkan gambaran tentang bagaimana agama berperan sekali dalam kehidupan masyarakat. Pada masa itu, Gereja Katolik berusaha menjaga iman umatnya antara lain dengan melarang setiap bentuk pengajaran yang menurut pendapat mereka menyimpang dari ajaran Kitab Suci.
      Aristoteles dilahirkan di bagia selatan Yunani pada tahun 384 SM. Ia seorang pemikir besar dan telah merumuskan teori-teori tentang alam semesta dua ribu tahun sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Ia telah memunculkan berbagai gagasan tentang ilmu pengetahuan dasar yang kini terbukti sangat teliti, namun tidak sedikit pula gagasannya yang terbukti salah sama sekali. Banyak konsep Aristoteles yang pada kenyataannya salah. Ia percaya bahwa Bulan, serta benda-benda langit yang lain, tidak mempunyai kekhasan masing-masing. semua mempunyai bentuk yang betul-betul sempurna. Ia percaya bahwa hukum-hukum fisika yang berlaku di bola langit~sebutan yang diberikannya kepda semua benda yang berada di luar Bumi. Ia percaya bahwa komet terbentuk di dalam atmosfer Bumi dan tidak ada kaitannya dengan bola langit.
     Kesalahan paling besar dalam pemikiran Aristotoles adalah anggapannya tentang posisi Bumi dalam ruang angkasa. ia percaya bahwa Bumi tidak bergerak dan berada dalam posisi sebagai pusat alam semesta. Dalam pemahaman Aristoteles, Bumi tidak berevolusi bahkan tidak bergerak sama sekali; justru Matahari, Bulan dan semua planet yang telah diketahuinya yang beredar mengitari Bumi.

Terjadinya Konflik

      Dalam situasi dan kondisi seperti inilah pada tahun 1543, Kopernikus mengemukakan teorinya bahwa seungguhnya Bumi, serta planet-planet lain, beredar mengitari Matahari. Gagasan ini bertolak belakang sama sekali dengan pandangan Aristoteles dan tafsir Kitab Suci saat itu. Gagasan itu harus dianggap salah, bukan karena terbukti salah, namun semata karena bertentangan dengan pandangan yang telah dianut selama dua ribu tahun. Kecuali satu atau dua tokoh seperti Koprnikus dan astronom Jerman Yohanes Kepler, dunia ilmiah yang dimasuki oleh Galileo ketika ia mulai berkarya pada tahun 1585 betul-betul sebuah dunia yang sangat steril, dunia kegelapan yang hampir tanpa kemajuan berarti. Para filsuf tergila-gila pada gagasan Aristoteles sampai mengabaikan prinsip-prinsip ilmiah yang murni. Sementara itu, para ahli teologi tenggelam dalam tafsir Kitab Suci yang sempit. Orang-orang seperti itulah yang mendominasi dunia intelektual di Eropa bagian selatan. Kalau bukan karena kerja orang-orang seperti Galileo, yang berani menantang kebijakan penguasa "arif" di zaman itu dengan mengembangkan dan memperkenalkan cara berpikir baru kepada dunia, mungkin dunia akan tetap berada dalam kegelapan.

 Ungkapan-ungkapan ketidakpuasan

    Galileo Galilei dilahirkan sebagai anak tertua dari pasanagn Vincenzio dan Giulia Galilei pada tanggal 15 Februari 1564. Keluarga itu tinggal di kota Pisa, yang terletak di daerah Tuscany di barat laut Italia. Ayahnya, Vincenzio, adalah seorang musisi terkenal yang secara khusus menekuni teori musik. Ia menjadi sangat termasyhur di Italia sebagai seorang pelopor pembaharuan di bidang musik, dan merupakan orang pertama yang menerapkam matematika dalam pengkajiannya. Galileo sendiri belajar memainkan alat musik semacam kecapi semasa masih muda, dan kemudian berkembang menjadi musisi yang betul-betul terampil. Meskipun ia anak yang periang dan banyak polah, ia senang sekali duduk di beranda atau kamarnya sambil memainkan kecapi atau menggubah lagu sendiri.           
    Selain ternama sebagai seorang musisi, ayah Galileo juga dikenal sebagai seorang pemikir yang senang melawan arus. Vincenzio tidak menyukai orang-orang yang tertutup dan picik, khususnya mereka yang berperan dalam dunia pendidikan. Ia merasa tidak puas melihat kebiasaan menerima kebijakan warisan lama secara membabi buta. Galileo muda sedikit banyak juga terpengaruh oleh sikap hidup ayahnya~dalam buah karyanya yang terakhir tampak sekali gema dari pandangan-pandangan ayahnya yang anti penguasa. Berikut salah satu kutipan pendapat dari Vincenzio : "Menurut saya, orang-orang yang mengiyakan apapun keinginan pejabat tanpa mempunyai alasan yang kuat untuk melakukan itu, adalah orang-orang yang tidak berprikepribadian. saya ingin agar siapapun boleh mengemukakan pendapatnya dengan bebas tanpa mengharapkan pujian dari pejabat, sehingga kebenaran yang sejati dapat ditemukan"


Galileo di masa muda


 Ayunan Bandul

      Galileo membuat penemuan ilmiah pentingnya yang pertama ketika masih kuliah di Universitas Pisa. Dan, ironisnya, itu karena ia rajin ke gereja. Walaupun di kemudian hari Galileo terlibat dalam konflik yang serius dengan pihak Gereja, seumur hidupnya ia seorang Katolik yang saleh dan selalu menghadiri misa kudus di hari Minggu. Ternyata dari Minggu itu agak berbeda dari yang lain. Pada hari itu misa dipimpin oleh seorang pastor tamu yang tidak pandai berkhotbah, selama khotbah, Galileo yang merasa jemu mulai melayangkan pandangannya ke langit-langit katedral yang megah. Di sana pandangannya tertumbuk dengan sebuah lampu gantung. Selama beberapa saat ia terkesima oleh irama gerak lampu yang berayun-ayun. Tiba-tiba ia tersentak. Ia sudah sering melihat pemandangan seperti itu, tetapi baru kali ini ia menyadari adanya sesuatu yang luar biasa si balik semua itu. Kadang-kadang jarak ayunan lampu itu pendek, kadang-kadang panjang, karena ayunan tersebut memang ditimbulkan oleh aliran udara yang tidak stabil dalam katedral. Walaupun demikian, tidak peduli berapapun jarak ayunan yang ditempuh, lampu tampaknya membutuhkan waktu yang sama untuk menyelesaikan setiap ayunannya. Ia tidak mempunyai alat pengukur waktu yang teliti untuk mengukur lama ayunan tersebut, karena itu ia menggunakan denyut nadinya sendiri seperti yang sering dipraktekannya dalam eksperimen-eksperiman di universitas. sebelum khotbah yang membosankan itu berakhir, Galileo sudah berhasil membuktikan bahwa setiapayunan membutuhkan waktu yang sama untuk menempuh jarak dari awal lintasan ke akhir lintasnnya. Ini selalu demikian, tidak peduli ayunan itu panjang atau pendek, karena kuat angin yang menghembusnya berubah-ubah. Seusai misa, Galileo bergegas menuju laboratorium universitasnya dan langsung memulai percobaannya menggunakan bermacam-macam lampu gantung tiruan. Ia menggantungkan benda yang cukup berat di ujung seutas tali. Singkat cerita, Galileo telah menemukan gerak bandul atau pendulum, dan merumuskan sebuah hukum sederhana bahwa "berapa pun panjang ayunan bandul, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ayunan itu sama". Para ilmuwan sekarang menyebutnya ayunan periodik bandul.

 Teman-teman yang berpengaruh

    Di sekitar tahun 1580-an Galileo bertemu dengan Marquis Guidobaldo del Monte, yang kemudian berperan dalam menentukan nasibnya. Del Monte sorang bangsawan kaya yang walaupun secara amatir turut menggeluti bidang rekayasa, sains, dan filsafat. Ia terkesan kepada Galileo yang berhasil dalam teori bandul serta buku Ilbilancetta-nya, bangsawan kaya itu tidak segan-segan membantu Galileo. Ia mencoba menawarkan Galileo sebagai pengajar di Universitas Padua, tetapi tidak berhasil. Akan tetapi, beberapa waktu kemudian, ia mendengar bahwa posisi dosen matematika di Universitas Pisa sedang kosong. Melalui jaringan sahabat-sahabatnya yang berpengaruh, Sang Marquis berhasil meyakinkan para pejabat yang berwenang bahwa Galileo Galilei tepat sekali untuk jabatan itu. Maka, pada tahun 1589, berkat dukungan yang tidak tanggung-tanggung dari sahabatnya, Galileo kembali ke universitas yang empat tahun sebelumnnya telah ia tinggalkan tanpa gelar, dan mulai menjalani karir barunya, gaji untuk jaman itu kecil sekali karena dianggap paling tidak penting dalam tangga struktur yang sama di universitas tersebut. Gaji Galileo waktu itu kurang dari sepertigapuluh gaji yang diberikan kepada dosen Fakultas Kedokteran yang paling disegani di universitas yang sama!. Akan tetapi, ini tentu lebih baik daripada penghasilan tidak menentu sebagai guru privat.


 Kembali ke Pisa

     Ketika kembali ke Pisa, Galileo yang berusia dua puluh lima tahun meneruskan pandanagan anti-Aristotelesnya. Namun kali ini sikapnya itu menghadapkannya kepada kesulitan. Ketika ia masih mahasiswa, sikap radikal dianggap sebagai sesuatu yang lumrah, namun tidak demikian halnya bila dilakukan oleh seorang dosen matematika di salah sebuah universitas terkemuka. Penolakan yang terus menerus oleh rekan-rekan ilmuwannya untuk melepaskan teori-teori Aristoteles yang dianggapnya ketinggalan zaman mendorong Galileo menghasilkan karya-karya pentingnya dalam ilmu fisik~yang sebagian timbul sebagai reaksi perlawanan. akan tetapi, yang paling membuatnya kesal adalah ketika rekan-rekan sejawatnya menolak mengakui bahwa Aristoteles salah dalam teorinya tentang apa yang terjadi ketika sbuah benda jatuh dari keadaan diam. Pada tahun 1590, ia menyatukan semua gagasan yang dikembangkannya tentang gerak dan benda jatuh bebas dalam sebuah buku berjudul De Motu, "Gerak". Berikut kutipan Galileo mengenai pendapat Aristoteles : "Aku yakin bahwa seanadainya Aristoteles hidup kembali di zaman ini,pasti ia akan menerima aku sebagai pengikutnya, karena melihat gagasan-gagasanku yang meskipun sedikit namun berani menentang teori-teorinya dengan alasan yang masuk akal. Ia pasti akan lebih menyukai aku daripada sebagian besar pengikut lain, yang demi melestarikan kata demi kata yang pernah diucapkannya, sibuk mengutip konsep-konsep dalam bukunya, yang sesungguhnya tidak pernah masuk ke dalam kepala mereka".


Galileo menunjukkan kepada Doge (Duke) Venesia cara menggunakan teleskop.


 Cinta sejati Galileo

      Kehidupan di Universitas Padua cocok bagi Galileo, namun meskipun gajinya cukup besar, ternyata masih kurang untuk membiayai seluruh keluarganya. Karena itu ia juga memberikan pelajaran-pelajaran privat seperti yang pernah dilakukannya sebelum bekerja di Universitas Pisa. Kerja kerasnya ternyata mendatangkan keberhasilan. Ia mengajarkan mekanika kepada korps zeni militer yang bermarkas di kota itu. Ia juga mengajarkan astronomi dan matematika kepada para peminat amatir. 
    Sesudah bertahun-tahun, perlahan-lahan keadaan ekonominya membaik dan Galileo mampu membeli sebuah rumah kecil di Padua. Ia berkenalan dan bergaul dengan seorang gadis Venesia bernama Marina Gamba. Hubungan mereka berlangsung sampai lebih dari sepuluh tahun, sampai ketika Galileo meninggalkan Padua pada tahun 1610. Betapapun akrab hubungan mereka, Galileo tidak berniat menikah dengan Marina karena semakin tua, ia merasa bahwa hidupnya akan diabadikan sepenuhnya kepada ilmu pengetahuan.ia tidak yakin bahwa ia akan dapat menjadi suami atau orangtua seperti orang lain. Cinta sejatinya hanya kepada ilmu pengetahuan. Masa delapan belas tahun berkarya di Padua merupakan masa yang paling membahagiakan dalam hidup Galileo, dan dalam masa itu pula ia menghasilkan temuan-temauannya yang paling penting.

   Demikianlah untuk sementara postingan sampai disini dulu. Pada kesempatan berikutnya nanti saya akan ulas lanjutannya mengenai kisah Galileo ini yang mencakup : Supernova, Teleskop, Hukuman yang diterima Galileo, Masa ketika Galileo sakit, Tulisan karya Gallieo berjudul "Dua Ilmu Baru", Masa hari-hari terakhir Galileo dan Warisan Peninggalan Galileo. Semoga beguna, menjadi bahan inspirasi dan menambah wawasan untuk para pembaca sekalian.




21/03/19

Penyebab Internal server error 500 dan cara mengatasinya

       Pernahkah anda ketika mengakses ke suatu situs atau web, tiba-tiba saja mendapatkan   internal server error 500 pada PC atau laptop anda ?
Hal seperti ini bukan disebabkan oleh browser, komputer, atau bahkan koneksi internet. Tetapi akibat dari situs itu sendiri (tergantung pada situs yang anda kunjungi). Pesan kesalahan bisa dalam bentuk '500 Internal Server Error', '500 Error', 'HTTP Error 500', '500, That's an Error', 'Temporary Error (500)', atau hanya berupa kode '500'.





 Ada beberapa cara untuk mengatasinya berikut ini :

- Cek file.htacces
  Mungkin terjadi kesalahan,coba ccek renamae file .htaccess dan ganti extensionnya   menjadi .txt.
- Coba di refresh, clear cache dan cookies browser
- PHP Memoy Limit
  Dengan meminta bantuan hosting provider, karena untukpenanganan hal ini adalah diluar  
  jangkauan anda
- Meningkatkan memori limit server.
  Untuk melakukannya, gunakan FTP untuk mengakses server web Anda dan arahkan ke direktori    
  root situs web Anda. Buka file wp-config.php dan tambahkan kode berikut: define    
  (‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘128M’)
- Dengan me non-aktifkan plugin, dusarankan sebaiknya selektif dalam menggunakan plugin  
  (uninstal plugin yang tidak diperlukan),karena bisa jadi hal ini juga penyebabnya misalnya query  
  MySQL tidak dapat bekerja dengan benar.


   Demikianlah silahkan mencoba, semoga berguna.
















14/02/19

Soal Matematika Untuk Kelas 6 SD Disertai Kunci Jawaban

Soal Matematika SD Kelas 6, disertai kunci jawaban
Tahun Pelajaran 2018/2019


Bab                         : 1 (Bilangan Bulat)
Kelas / Semester    : VI (Enam) / 1 (Ganjil)
Hari / Tanggal        :




A.Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d, di depan jawaban yang paling tepat.
1. 241 + 25 - ( - 37 ) - 204 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
a. 99  
b. 25   
c. 79  
d. 98

2. - 45 – 78 + 256 + ( - 87 ) = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
a. 136  
b. 46   
c. 126  
d. 36

3. 124 + 40 x 21 – 345 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
a. 65  
b. 619   
c. 3.099 
d. 2.359

4. 1.325 – 125 : 5 x 16 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
a. 3.840  
b. 3.250  
c. 925  
d. 725

5. 75 + 20 – n = 135
Bilangan yang tepat untuk menganti huruf n pada operasi hitung di atas adalah ....
a. 30  
b. -30   
c. 35  
d. -35

6. Suhu ruangan awalnya adalah 18° c,  kemudian suhu tersebut saat siang hari naik 5° c. Hingga pada malam hari suhu tersebut turun 7° c. Maka suhu ruangan tersbut menjadi ....
a.  30° c  
b.  20° c  
c.  15° c 
d. 16° c

7. Bu Santi membeli 15 pak permen coklat, ia memberikan 3 pak kepada anaknya. Sisanya dibagikan kepada 10 tetangganya. Jika setiap pak berisi 85 permen. Maka jumlah permen yang diterima setiap tetangga adalah ....
a. 102 permen  
b. 98 permen
c. 75 permen
d. 125 permen

8. Suhu suatu ruangan awalnya adalah –5° C. Suhu ruangan itu dinaikkan 3° C setiap setengah jam. Setelah 4 jam maka suhu ruangan tersebut menjadi ....
a. 29° C  
b. 24° C  
c. 19° C 
d. 7° C

9. Di dalam sebuah truk terdapat 12 kardus, setiap kardus berisi 12 toples dan setiap toples berisi 12 roti bolu. Jadi jumlah semua roti bolu adalah ....
a. 2.784  
b. 1.728  
c. 2.197 
d. 2.744

10. 15³ = .....
Nilai dari bilangan pangkat di atas adalah ....
a. 4.235  
b. 2.255  
c. 3.275 
d. 3.375

11. 18³ .... 6.000
anda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....
a. >  
b. =   
c. <  
d. +_

12. 6³ + 5³ - 9³ =
Hasil dari operasi hitung bilangan pangkat tiga di atas adalah ....
a. 328  
b. -328  
c. 388  
d. -388

13. 3.768 - 7³ + 10³ = ....
Hasil dari operasi hitung bilangan pangkat di atas adalah ....
a. 2.475  
b. 2.735  
c. 2.425 
d. 3.245

14. Bilangan akar pangkat 3 yang hasilnya adalah 9 adalah ....
a. ³√343
b. ³√729
c. ³√6.859
d. ³√1.219

15. ³√343 x ³√1.331= ....
Hasil dari perkalian bilangan akar tiga di atas adalah ....
a. 100  
b. 77   
c. 75  
d. 121

16.  ( ³√3375 + 5³ ) :  10 = ....
Hasil dari operasi hitung campuran di atas adalah ....
a. 12  
b. 13   
c. 14  
d. 15

17. ³√512 x ³√1.728 + ³√8.000 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
a. 56  
b. 66   
c. 76  
d. 86

18. Faktor prima dari 1.000 adalah ....
a. 2 x 2 x 2 x 5 x 5 x 5    
b. 2 x 3 x 3 x 5 x 5 x5
c. 2 x 2 x 5 x 5 x 5 x 5   
d. 2 x 5 x 10 x 10

19. KPK dari 15 dan 6 adalah ....
a. 40  
b. 50   
c. 60  
d. 30

20. KPK dari 5, 9 dan 6 adalah ....
a. 45  
b. 60   
c. 90  
d. 80

21. FPB dari 60 dan 75 adalah ....
a. 10  
b. 5   
c. 15  
d. 25

22. FPB dari 32, 64 dan 80 adalah ....
a. 16  
b. 8   
c. 24  
d. 12

23. Bagas mempunyai tiga buah alarm. Alarm yang pertama diatur berbunyi 6 jam sekali, sedangkan alarm yang kedua diatur berbunyi 8 jam sekali. Lalu alarm yang ketiga diatur berbunyi 4 jam sekali. Maka alarm tersebut akan berbunyi bersama-sama setiap .... jam sekali.
a. 12   
b. 16   
c. 18  
d. 24

24. Panji membeli 100 kelereng putih, 45 kelereng hitam dan 50 kerlereng kuning. Panji ingin membaginya ke dalam beberapa wadah. Setiap wadah berisi 3 jenis kelereng dengan jumlah masing-masing tiap wadah sama. Maka jumlah wadah yang bisa digunakan panji adalah ....
a. 3  
b. 5   
c. 15   
d. 10

25. Riska, Bayu dan Yoga belajar pencak silat di tempat yang sama. Riska berangkat setiap 3 hari sekali, Bayu berangkat 2 hari sekali dan Yoga berangkat 5 hari sekali. Maka Riska, Bayu dan Yoga akan berangkat belajat silat di hari yang sama setiap .... sekali.
a. 10 hari 
b. 15   
c. 20   
d. 30

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. 181 - ( - 256 ) + 34 + ( -176 ) = .....
Hasil dari operasi hitung diatas adalah ....

2. 1.235 + 156 : 12 x 15 = ....
Hasil dari operasi hitung diatas adalah ....

3. (126 – 109)³ = .....
Nilai dari bilangan pangkat di atas adalah ....

4. 18³ -  7³ +  11³  = ....
Nilai dari bilangan pangkat di atas adalah

5. n³ + 9³ = 1.072
Angka yang tepat untuk mengganti huruf n di atas adalah .....

6. ³√4.096 ..... 16
Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ....

7. ³√512 + ³√1.331 x ³√1.728 - ³√9.261 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....

8. Faktor prima dari 1.250 adalah .....

9. KPK dari 12, 8 dan 15 adalah ....

10. FPB dari 45, 50 dan 80 adalah ....


C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Siska memngikuti sebuah lomba Matematika. Panitia loma membuat aturan bahwa setiap jawaban yang benar akan diberi nilai 5, jawaban yang salah diberi nilai –3. Tidak menjawab diberi nilai 0. Dari 40 soal yang diujikan, Siska mampu mengerjakan 35 soal saja, 5 soal yang lainnya belum selesai. Setelah dikoreksi, jawaban Siska yang benar berjumlah 29 soal dan jawaban yang salah 6 soal. Maka berapakah total nilai yang diperoleh Siska?
Jawab : ...............................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................
..................................................................................................

2. Sebuah kaleng berbentuk kubus mempunyai panjang sisi 20 cm. Kaleng tersebut akan diisi dengan pasir hingga penuh. Jika setiap 1 cm³ pasir beratnya adalah 12 gram. Maka berapa gram total pasir yang akan terisi dalam kaleng tersebut?
Jawab : ...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
.........................................................................................


3. Tentukanlah faktorisasi prima dari bilangan-bilangan di bawah ini :
a. 500  
b. 650   
c. 450  
d. 576
Jawab : ..................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
...........................................................................................

4. Bu Dina membeli macam-macam roti untuk keperluan hari ulang tahun putrinya. Roti coklat sebanyak 108 bungkus, roti bolu sebanyak 96 bungkus dan roti keju sebanyak 120. Bu Dina akan mewadahi dalam beberapa piring besar dengan jumlah yang sama. Dari keterangan tersebut, maka :
a. Berapa jumlah piring paling banyak yang bisa dipakai agar di setiap jenis roti terbagi sama rata?
b. Berapa jumlah masing-masing jenis roti di tiap piring?
Jawab : ..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................

5. Sintia, Tasya dan Silfi  sama-sama mengikuti les di Bimbel Brilian. Sintia berangkat 2 hari sekali, Tasya berangkat 6 hari sekali dan Silfi berangkat seminggu sekali.,  Mereka terakhir kali berangkat di hari yang sama pada tanggal 2 Mei 2018. Dari keterangan tersebut, maka :
a. Setiap berapa hari sekali Sintia, Tasya dan Silfi berangkat di hari yang sama!
b. Tanggal berapa lagi mereka akan berangkat di hari yang sama lagi?
Jawab : ..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................








Kunci Jawaban Soal Matematika
Bab : Bilangan Bulat
Kelas 6 SD/MI



A JAWABAN
1. a. 99
2. b. 46
3. b. 619
4. c. 925
5. d. -35
6. d. 16° c
7. a. 102 permen
8. c. 19°  C
9. b. 1.728
10. d. 3.375
11. c. <
12. d. -388
13. c. 2.425
14. b. ³√729
15. b. 77
16. c. 14
17. c. 76
18. a. 2 x 2 x 2 x 5 x 5 x 5
19. d. 30
20. c. 90
21. c. 15
22. a. 16
23. d. 24
24. b. 5
25. d. 30




B. JAWABAN

1. 181 + 256 + 34 – 176 = 295
2. 1.235 + 13 x 15 = 1.235 + 195 = 1.430
3. 17³ = 4.913
4. 5.832 – 343 + 1.331 = 5.489 + 1.331 = 6.820

5. n³ + 9³ = 1.072
n³ + 729 = 1.072
n³ = 1.072 – 729
n³ = 343
n = ³√343
n = 7

6. = ( Keterangan, ³√4.096 ..... 16 menjadi 16 = 16 )
7. 8 + 11 x 12 – 21 = 8 + 132 – 21 = 140 – 21 = 119
8. 2 x 5 x 5 x 5 x 5
9. 120
10. 5



C. JAWABAN

1. Diketahui :
Jawaban yang benar bernilai  = 5
Jawaban yang salah bernilai  = -3
Tidak dijawab bernilai   = 0
Jumlah soal yang dikerjakan Siska = 35 soal
Jumlah soal yang tidak dikerjakan Siska = 5 soal
Jumlah jawaban yang benar = 29 soal
Jumlah Jawaban yang salah = 6 soal

Total nilai yang diperoleh Siska yaitu :
= ( 29 x 5 ) - ( 6 x 3 )
= 145 – 18
= 127

2. Diketahui :
Panjang sisi kubus = 20 cm
Massa setiap 1 cm³ pasir =12 gram

Massa pasir seluruhnya yaitu :
= 20 cm x 20 cm x 20 cm x 12 gram/³
= 8.000 cm³ x 12 gram/cm³
= 96.000 gram.






3. Menentukan faktorisasi prima dari bilangan-bilangan di bawah ini :
a. 500 = 2 x 2 x 5 x 5 x 5 = 2² x 5³
b. 650 = 2 x 5 x 5 x 13 = 2 x 5² x 13
c. 450 = 2 x 3 x 3 x 5 x 5 = 2 x 3² x 5²
d. 576 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 26 x 3²

4. Diketahui :
Bu Dina membeli roti
Jumlah roti coklat = 108 bungkus
Jumlah roti bolu = 96 bungkus
Jumlah roti keju = 120 bungkus

a. Jumlah piring paling banyak yang bisa dipakai agar di setiap jenis roti terbagi sama rata = mencari FPB dari 108,96 dan 120

Faktorisasi prima dari 108 = 2 x 2 x 3 x 3 x 3 = 2² x 3³
Faktorisasi prima dari 96 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 x 3 = 25 x 3
Faktorisasi prima dari 120 = 2 x 2 x 2 x 3 x 5 = 2³ x 3 x 5

FPB = 2²  x 3 = 2 x 2 x 3 = 12

Jadi jumlah piringnya adalah 12

b. Jumlah masing-masing jenis roti di tiap piring.
Jumlah roti coklat = 108 bungkus : 12 = 9

Jumlah roti bolu = 96 bungkus : 12 = 8
Jumlah roti keju = 120 bungkus :12 = 10

5. Diketahui :
Sintia berangkat les  = 2 hari sekali
Tasya berangkat les  = 6 hari sekali
Silfi berangkat les  = 7 hari sekali
Terakhir kali berangkat di hari yang sama = 2 Mei 2018

a. Setiap berapa hari sekali Sintia, Tasya dan Silfi berangkat di hari yang sama!
= Mencari KPK dari 2, 6 dan 7

Faktorisasi prima dari 2 = 2
Faktorisasi prima dari 6 = 2 x 3
Faktorisasi prima dari 7 = 7
KPK = 2 x 3 x 7 = 42

Jadi mereka bertiga berangkat di hari yang sama untuk les di Bimbel brilian adalah 42 hari sekali.

b. Tanggal berapa lagi mereka akan berangkat di hari yang sama lagi?
= 2 Mei 2018 + 42 hari
= 13 Juni 2018









16/01/19

Soal-soal Latihan UN Matematika Untuk SMP

    Untuk siswa siswi SMP, pada kesempatan ini saya menyajikan soal-soal latihan pelajaran matematika bagi siswa siswi yang duduk di kelas 3 SMP (kelas 9).
Soal-soal ini dilengkapi dengan pembahasannya.

Pilihlah jawaban yang benar.


Soal No.1 sampai 4                                              dan 5 sampai 8








lanjutan soal No. 9 sampai 14                          dan 18 sampai 21









lanjutan No. 15 sampai 17                                22 sampai  23, 24                                                  dan 29





lanjutan  No. 25  sampai 28                              dan 30 sampai 35








lanjutan soal No. 36 sampai 40















Kunci Jawaban dan Pembahasan


No. 1 sampai  13




No. 14 sampai 26





No. 20, 21   dan  30,
31 No. 27 sampai 29  dan  36,  37





No. 32 sampai 35                                                  No. 38 sampai 40







      Demikianlah soal-soal dan pembahasan pelajaran Matematika untuk SMP, semoga berguna.



12/12/18

Pendalaman Materi Pelajaran IPA untuk SMP Bagian ke-2 (Rangkuman soal2 sesuai kisi2 UN)

Lanjutan
Rangkuman Materi

Kompetensi 2

Konsep zat dan kalor
A. Wujud zat

   Pada umumnya, zat dapat berada dalam 3 wujud, yaitu padat, cair dan gas. Wujud zat bergantung pada suhu zat saat itu. Misalnya, air berwujud padat pada suhu di bawah nol derajat Celsius, berwujud cair pada suhu 0oC  hingga 100oC dan berwujud gas di atas suhu 100oC.

1.  Wujud Padat

    Zat padat memiliki sifat fisik : bentuk dan volume selalu tetap. Susunan molekul pada zat padat sangat rapat dan sangat dekat. Molekul zat padat hanya bergetar dan berputar terbatas pada tempatnya. Gaya tarik antar-molekul sangat kuat sehingga zat padat sukar dipisahkan dari kelompoknya.
Contoh zat padat : kayu, batu, tanah, besi, dan lain-lain.

2. Wujud Cair

   Zat cair memiliki sifat fisik : volume tetap, tetapi bentuk berubah-ubah sesuai bentuk tempatnya. Susunan molekul zat cair agak lebih renggang dibanding susunan molekul zat padat. Oleh karena itu, molekul zat cair mudah bergerak secara bebas tetapi masih dalam kelompoknya. Gaya tarik menarik antar-molekul zat cair lebih lemah dibanding gaya tarik menarik antar-molekul zat padat, tetapi masih cukup kuat sehingga molekul zat cair sulit melepaskan diri dari kelompoknya.

Contoh zat cair : sirup, kecap, minyak goreng, dan lain-lain.

3. Wujud Gas

   Zat gas memiliki sifat fisik : bentuk dan volume selalu berubah sesuai bentuk dan volume tempat gas tersebut berada.  Susunan molekul zat gas sangat renggang dan bergerak sangat bebas sehinggagaya tarik-menarik antar-molekul sangat lemah. Karena gaya tarik-menarik antar-molekul gas sangat lemah, bentuk dan volume gas selalu berubah menyesuaikan dengan bentuk dan volume wadah yang ditempati gas. Gas selalu mengisi ruang kosong.

Contoh zat gas : asap, udara, oksigen, dan lain-lain.

   Gambar berikut menunjukkan skema atau struktur molekul benda padat, cair, dan gas.







Keterangan :                                                                  Benda padat. Molekul tersusun sangat rapat, bergerak terbatas.                                                                          Benda cair. Molekul tersusun agak renggang, bergerak bebas.                                                            Benda gas. Molekul tersusun sangat renggang. Bergerak sangat bebas.
 

4. Perubahan Wujud Zat

   Apabila benda dipanaskan atau didinginkan, pada umumnya benda dapat berubah wujud.
Perubahan wujud zat tersebut dapat dibedakan menjadi :

.  Mencair atau meleleh atau melebur, yaitu perubahan dari wujud cair.
   Contoh : lilin meleleh, es berubah menjadi cair, mentega mencair.
.  Membeku, yaitu perubahan dari wujud cair menjadi padat.
   Contoh : air berubah menjadi es, minyak goreng membeku.
.  Menguap, yaitu perubahan dari wujud cair menjadi gas.
   Contoh : air di lantai mengering karena berubah menjadi gas
.  Mengembun, yaitu perubahan dari wujud gas menjadi wujud cair.
   Contoh : air panas dalam wadah, ketika ditutup akan terbentuk embun pada tutupnya,
   dan pengembunan uap air di udara menjadi air hujan
.  Menyublim, yaitu perubahan dari wujud padat menjadi gas, tanpa melalui fase cair.
   Contoh : kamper menjadi gas.
.  Mendeposisi, yaitu perubahan dari wujud gas menjadi wujud padat tanpa melalui fase cair.
   Contoh : terbentuknya kerak atau karbon pada alas panci.

5. Manfaat Perubahan Wujud Zat dalam Kehidupan sehari-hari

   Perubahan zat sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, ketika kita akan memasak dengan mentega, mentega harus dicairkan lebih dahulu.  Contoh lain adalah pembuatan es, pembuatan alat memasak, pembuatan perhiasan, pembuatan makanan seperti cokelat, pembuatan logam, dan lain-lain.

B. Masa Jenis

   Massa jenis adalah massa benda tiap satuan volume. Karena massa adalah jumlah materi  yang dikandung suatu zat, maka massa jenis dapat diartikan sebagai tingkat kerapatan materi suatu zat. Artinya, makin rapat susunan zat, makin besar massa jenisnya. Misalnya, karet busa terlihat berlubang-lubang walaupun sangat halus, sedangkan kayu tidak tampak adanya lubang atau pori-pori. Ini menunjukkan bahwa kayu lebih besar daripada massa jenis karet busa.
   Massa jenis benda didefinisikan sebagai hasil bagi antara massa benda dengan volume benda.


     Massa jenis = massa:volume    atau p = m:v


Satuan massa jenis adalah kg/m3  (SI) dan g/cm3.

     1 g/cm3 = 1.000 kg/m3


     Massa jenis benda sejenis pada suhu yang sama pasti nilainya. Oleh karena itu, massa jenis benda merupakan ciri khas suatu benda. Artinya, dengan mengetahui nilai massa jenis dapat diketahui jenis tersebut, karena setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda.
     Dalam pengukuran massa jenis benda digunakan 2 alat, yaitu neraca untuk mengukur massa dan gelas ukur untuk mengukur volume benda atau menggunakan mistar untuk mengukur volume benda yang bentuknya beraturan.
     Pemahaman tentang massa jenis sangat penting dalam kehidupan manusia. Contoh: kerangka pesawat terbang harus memenuhi syarat, yaitu logam yang massa jenisnya rendah tetapi kuat, seperti titanium dan alumunium. Bahan kapal harus ringan dan tahan karat, seperti plastik yang dicampur serat.

C. Pemuaian Benda Akibat Pengaruh Suhu

   Pada umumnya,setiap benda mengalami pemuaian (penambahan volume) ketika suhunya naik dan mengalami penyusutan ketika suhunya turun, kecuali pada benda-benda tertentu seperti air pada suhu 0 - 4oC dan bismuth pada suhu tertentu. Pemuaian pada suatu benda dapat merugikan tetapi pada sisi tertentu dapat dimanfaatkan.
   Berikut ini contoh pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
1. Pemasangan poros roda kereta api dan poros roda pedati. Dalam hal ini diameter poros dibuat lebih besar sedikit    dibanding diameter lubang roda. Dengan memanaskan roda kereta, maka lubang pada roda memuai. Pada saat itulah poros    dimasukkan ke dalam roda kemudian roda didinginkan.
2. Penggunaan bimetal untuk sakelar otomatis pada setrika listrik, lemari es, alarm kebakaran, dan lainnya. Bimetal    adalah dua keping logam berbeda yang disatukan dengan cara dikeling atau dilas. Karena kedua logam berbeda koefisien    muainya, maka ketika dipanaskan atau didinginkan, bimetal akan melengkung. Bimetal melengkung ke arah logam yang    koefisien muainya lebih kecil ketika dipanaskan dan melengkung ke arah logam yang koefisiennya lebih besar ketika    didinginkan.
3. Melepaskan tutup botol yang sukar dilepas. Karena tutup botol terbuat darilogam yang koefisien muainya lebih besar    dari kaca (gelas), maka ketika suhu turun tutup botol menyusut lebih cepat dibanding mulut botol. Akibatnya, tutup    botol sulit dibuka. Dengan memanaskan tutup botol, tutup botol akan lebih mudah dibuka karena tutup botol memuai lebih    cepat dibanding mulut botol.

   Contoh kerugian akibat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
1. Gelas atau mangkok dari kaca retak atau pecah ketika diisi dengan air panas sevara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena    gelas tidak mudah menghantarkan panas sehingga ketika diisi air panas, kalor tidak cepat menyebar. Akibatnya, bagian    dalam gelas memuai lebih cepat dibanding bagian luarnya.
2. Rel kereta api melengkung pada siang hari karena rel mengalami pemuaian, sedangkan rel terikat oleh baut-baut    pengikat. Untuk mengatasi melengkungnya rel, pada tiap sambungan rel diberi celah.
3. Kaca pada jendela atau kaca pada pintu, retak atau pecah pada siang yang panas. Hal ini karena pemuaian kaca lebih    besar dibanding pemuaian kayu. Untuk mencegah agar kaca tidak pecah, maka bingkai kaca dibuat lebih luas (longgar)    dibanding kacanya.
4. Jembatan dapat melengkung atau patah ketika suhu udara naik. Hal ini dapat diatasi dengan cara membuat celah (rongga)    pada tiang penyangga jembatan atau membuat celah pada tiap sambungan balok jembatan.
5. Bagian mesin mobil atau motor memuai ketika mesin sedang beroperasi. Akibatnya, suara mesin menjadi kasar dan bagian    yang berputar menjadi mogok berputar. Hal ini dapat diatasi dengan cara mendinginkan mesin dengan cara memasukkan    cairan pendingin.
6. Kabel listrik dipasang agak kendor. Jika dipasang dalam posisi tegang, pada malam hari yang suhunya lebih rendah, kabel    listrik menyusut dan dapat putus.

D. Konversi Suhu Pada Termometer

   Suhu air saat membeku adalah 0oR atau 0oC atau 32oF atau 273oK, sedangkan suhu air saat mendidih adalah 80oR atau 100oC atau 212oF atau 373oK. Selisih (perbedaan suhu) antara saat mulai membeku (titik beku) dengan saat air mulai    mendidih (titik didih) adalah 80oR atau 100oC atau 180oF. Jadi, selisih suhu 80oR = selisih suhu 100oC = selisih suhu    180oF. Dengan demikian, perbandingan selisih suhu tersebut dapat ditulis R : C : F = 80 : 100 :180 atau R : C : F = 4    : 5 : 9.

Persamaan skala Fahrenheit dengan Celsius :
TF = (9/5TC + 32)oF dan TC = 5/9(TF - 32)oC

Persamaan skala Reamur dengan skala Fahrenheit :
TR = 4/9(TF- 32)oR dan TF = (9/4TR + 32)oF

Persamaan skala Reamur dan Pengukurannya :
TR = (4/5TC)oR dan TC = (5/4TR)oC

E. Kalor dan Pengukurannya
  
   Kalor adalah energi panas. Kalor dapat mengalir dari suatu tempat yang suhunya lebih tinggi menuju tempat yang suhunya lebih rendah. Dalam sistem SI, kalor dinyatakan dalam satuan joule (J) dan dalam satuan non SI dinyatakan dalam satuan kalori atau kilokalori (kkal). 1 kalori = 4,18 joule dan dibulatkan menjadi 4,2 joule atau 1 kal = 4,2 joule = 0,24 kalori.
   Kalor yang diserap atau dilepaskan oleh benda dapat menyebabkan perubahan pada benda itu. Perubahan yang terjadi pada benda adalah perubahan suhu atau perubahan wujud. Perubahan suhu dan perubahan wujud zat tidak terjadi bersamaan.Artinya, jika benda sedang berubah suhu, wujudnya tetap dan ketika benda sedang berubah wujud suhunya tetap.
   Jika benda melepaskan kalor, suhu benda turun dan jika benda menerima kalor, suhu benda naik. Jumlah kalor yang diterima benda sebanding dengan massa benda. Artinya, makin besar massa benda dan kenaikan suhu benda, makin besar kalor yang diperlukan. Jumlah kalor yang diperlukan benda secara matematis dapat ditulis dengan rumus :

Q = m x c x del T

Q = jumlah kalor (J)
m = massa benda (kg)
c = kalor jenis (J/kgoC)
del T = selisih suhu (kenaikan suhu atau penurunan suhu) (oC)
del T = T2 -T1 atau del T = T1 -T2 (oC)

   Kalor jenis adalah jumlah kalor yang diterima oleh 1 kg benda tiap kenaikan suhu 1oC. Setiap benda memiliki kalor jenis benda, makin lambat kenaikan suhunya. Artinya, jika dua benda yang berbeda jenis tetapi memiliki massa sama, dipanaskan dan menerima kalor yang sama, maka benda yang kalor jenisnya lebih kecil akan mengalami kenaikan suhu yang lebih cepat.

1. Melebur dan Membeku
a. Kalor lebur
   Kalor lebur adalah kalor yang diserap 1 kg benda untuk mengubah wujudnya dari padat menjadi cair seluruhnya pada titik lebur zat. Selama zat melebur, suhu zat tetap. Oleh karena kalor yang diserap zat selama nmelebur tidak tampak sebagai kenaikan suhu, naka kalor tersebut disebut kalor laten. Jumlah kalor yang diserap zat selama proses peleburan dapat dihitung :

Q = m x L

Q = jumlah kalor (J)
m = massa zat (kg)
L = kalor lebur (J/kg)

b. Kalor beku
   Kalor beku adalah kalor yang dilepas oleh 1 kg zat dari wujud cair hingga menjadi wujud padat seluruhnyapada titik bekunya. Selama zat cair membeku, suhunya tetap.  Kalor beku disebut kalor laten karena tidak menyebabkan kenaikan suhu. Pada setiap zat, kalor beku = kalor lebur. Jumlah kalor yang dilepas zat selama membeku dapat dihitung dengan persamaan :
Q = jumlah kalor (J)
m = massa zat (kg)
L = kalor beku (J/kg)

2. Mendidih dan Mengembun
   Mendidih adalah penguapan zat cair yang terjadi di seluruh bagian zat itu. Pada saat zat cair mendidih, suhu zat tetap walaupun zat terus menerima kalor. Kalor yang diserap digunakan untuk mempercepat gerak molekul. Kalor yang digunakan oleh 1 kg zat cair untuk mengubah wujudnya dari cair menjadi uap seluruhnya pada titik uapnya disebut kalor uap. Jumlah kalor yang diperlukan oleh suatu zat dapat dihitung dengan rumus :

Q = m x U

Q = jumlah kalor (J)
m = massa zat cair (kg)
U = kalor embun (J/kg)

   Demikianlah rangkuman soal IPA untuk saat ini. Semoga berguna.