18/09/18

Mengatasi video youtube tidak dapat dilihat di hp (mobile) untuk pengunggah video

     Pernahkah suatu saat anda mengalami akan memutar video atau mau upload video di Youtube, tetapi salah satu atau lebih video yang akan anda putar tidak ada ? atau tidak bisa diputar ?. Biasanya ada pemberitahuan yang diberikan oleh youtube seperti berbunyi “this video is not available in mobile view”. Cukup menjengkelkan bukan?. Apalagi video yang akan diputar begitu menarik buat anda. Ada juga pemberitahuan lain yang berbunyi "The uploader has not made this video available in your country" yang ini artinya video Youtube tersebut diblokir di negara lainnya. Ada juga yang membatasi usia para penontonnya dengan alasan konten video dewasa (18+). Pada dasarnya yang pertama saya jelaskan tadi, tentunya kita ingin berhasil memutar video yang telah di-upload tersebut. Melihat kasus ini, tergantung dari jenis video yang telah kita upload, apakah mengandung unsur hak cipta  bla bla bla dan sebagainya.

  
     Kita dapat melihat pada pengaturan di akun youtube kita, pada bagian monetize (monetisasi), dimana secara otomatis youtube akan memeriksa adanya konten tertentu pada video tersebut yang memiliki kemungkinan pelanggaran hak cipta. Konten tersebut bisa berupa video, lagu dan sebagainya. Konten yang dilindungi hak cipta. Youtube mendistribusikan konten yang merupakan hak milik dari berbagai pemegang hak cipta. Mereka mendapatkan potongan dari pendapatan iklan untuk membayar biaya overhead mereka, dan penyedia konten dapat menggunakan infrastruktur Youtube untuk mendistribusikan konten mereka. Ia bekerja dengan sangat baik - sebagian besar waktu. Jika pemegang hak cipta tidak ingin konten mereka didistribusikan ke sekelompok orang tertentu (seperti mereka yang tidak dapat melihat iklan), mereka dapat membatasinya dan Youtube akan mencegah video diputar. Jika kita melakukan upload video yang telah kita edit dengan menambahkan musik latarnya maka secara otomatis youtube akan mendeteksi lagu tersebut dan mempertanyakan apakah kita punya hak untuk memakainya. Ketika kita memilih untuk melakukan “acknowledge” kepada sumber konten tersebut semisal dari penyanyi aslinya maka secara otomatis video tersebut hanya tersedia di pc atau di desktop view dan tidak tersedia di mobile view.

     Disini saya akan menjelaskan cara agar dapat berhasil memutar atau membukanya, dengan catatan ini diperuntukkan bagi sang pengunggah video, bagi pemirsa tentu tidak bisa berbuat apa-apa kecuali hanya menerima keadaan bahwa pemirsa tidak bisa melihat video tersebut.

Langkah-langkahnya adalah :

Sign in ke akun Youtube anda
-  pada option menu masuklah ke channel yang berisi video-video
-  klik pada video manager
-  klik pada tulisan “Acknowledged third party content”.
-  akan muncul halaman penjelasan tentang pelanggaran hak paten yang terjadi
-  Pada halaman ini klik tombol “Dispute”.
-  pilih tulisan “ My use of the content meets legal requirements for fair use or fair dealing under applicable copyrights laws ” dan
-  klik tombol continue.
-  berikutnya centang kolom persetujuan dan klik continue.
- Pada halaman selanjutnya masukan alasan untuk dispute dengan alasan  sebagai berikut : “This video uses copyrighted material in a manner that does not require approval of the copyright  holder. It is a fair use under copyright law”.
-  Klik tombol submit dispute dan okey ketika muncul pop up tentang submit dispute. Setelah itu video yang anda upload akan dapat di dengarkan dan disaksikan baik di desktop view maupun  mobile view.

       Demikianlah, semoga berhasil. Selamat mencoba !












20/08/18

Cara pasang Piksel Facebook di blog

     Untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memasang Facebook Pixel (Piksel facebook)  di blog. Bagi anda yang suka online marketing, pastinya sudah banyak yang mengetahui fungsi pixel ini dan menggunakannya. Merupakan fasilitas facebook sebagai alat untuk memasarkan produk dan jasa ke publik. Sebenarnya fungsi Piksel facebook itu sendiri ada beberapa macam. Baiklah akan saya jelaskan nanti.
    Cara kerja Piksel facebook ini sama halnya dengan kode website stats seperti histats ataupun Google Analytics. Selain itu lebih spesifik lagi piksel facebook ini berguna untuk membangun audience dari halaman yang ada di website. Piksel facebook merupakan kode html yang telah ditanam di website, yang dapat merekam setiap visitor (pengunjung) yang datang ke halaman website. Piksel ini bisa diterapkan di wordpress maupun di blogspot. Adapun visitor yang berkunjung ke website tentunya adalah "audience" yang ada hubungannya dengan konten yang kita miliki di website. Lebih jelasnya, bahwa audience yang dimaksud adalah siapa orang-orang yang berkunjung dalam hal ini untuk melihat jangkauan orang yang penting untuk kita lihat datanya. Sehingga orang-orang atau pengunjung tersebut dilihat menjadi beberapa macam atau kategori.
Ada 3 kategori pengunjung :
1. Pemirsa Khusus : yang menunjukkan minat dengan produk ataupun jasa yang anda tawarkan.
2. Pemirsa Serupa : orang-orang yang menyukai halaman anda ataupun pemirsa khusus yang sudah     ada.
3. Pemirsa Tersimpan : maksudnya dalam hal ini adalah dengan cara menyimpan opsi penargetan yang paling sering   digunakan, dilihat dari    demografi, minat dan kemudian disimpan untuk digunakan di iklan berikutnya.
   Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat Pada poin penjelasan di facebook business
   -->DISINI

Fungsi Piksel juga untuk retargeting yaitu untuk :
1. Dapat mengetahui kunjungan dalam jangka waktu tertentu (reminder visitor)
2. Dapat melihat audience berdasarkan pada halaman ataupun url berdasarkan permalinks (keywords)
3. Dapat memisahkan audience berdasarkan pada halaman/url dan melakukan include dan exclude audience. Sehingga kita dapat memperoleh audience sesuai dengan target yang kita harapkan.

Cara memasang Piksel facebook

Untuk dapat menggunakannya, anda bisa langsung masuk ke bagian Ads Manager di facebook anda,
dengan melakukan langkah-langkah berikut ini :

-  Login melalui akun facebook anda ke : -> facebook.com/ads/manager
-  Klik pada bagian tools kemudian klik pixels (tools -> pixels). Setelah itu akan muncul halaman    
   facebook pixel.




 Selanjutnya;
- Klik set up dan pilih manually install  the code yourself   (set up -> manually install the code yourselft).  



Selanjutnya akan muncul sebuah kode dan copy code pixel tersebut, lalu letakkan pada website milik anda.


- Untuk men-tracking seluruh halaman website, anda bisa meletakkan code tersebut pada bagian footer  atau header  website anda.
- Untuk men-tracking pada halaman tertentu saja, letakan code dihalaman tertentu sesuai dengan   yang anda inginkan.
- Untuk mengecek apakah kode pixel Anda sudah terpasang dengan benar, Anda bisa melakukannya dengan cara menginstal   secara gratis “facebook pixel helper” dari Google.  Dan jika statusnya “active” berarti pemasangan sudah dilakukan dengan benar. Bisa juga kita memperbesar atau memperluas target, yaitu dengan memanfaatkan Lookalike Audience. Dan juga melakukan Analitycs (seperti Google Analytics), sehingga bisnis online kita dapat kita pantau perkembangannya.

Demikianlah semoga berguna.


25/07/18

Menjadi pengguna non aktif di Grup Whatsapp (WA) dengan membisukan notifikasi

Pengguna Grup WA non aktif tanpa harus keluar, dengan mematikan atau membisukan  (mute) notifikasi

      Menjadi pengguna media sosial pada saat ini adalah seperti mengikuti arus perubahan jaman now, diakui maupun tidak, dunia teknologi yang bersifat global tidak dapat dibendung. Bisa berkomunikasi dengan teman-teman lama (mulai dari SD, SMP, SMA dan PT), maupun teman-teman baru, kenalan, relasi, kolega dan sebagainya. Bahkan semua identitas diri kita dapat dengan mudah dan cepat diketahui oleh orang lain, baik dengan sepengetahuan kita maupun tanpa sepengetahuan kita. Setelah sebelumnya saling berkomunikasi, saling kirim kabar dan ucapan melalui Facebook dan Twitter, seiring waktu berjalan, kini lagi eranya menggunakan Whatsapp (WA), dari anak-anak sampai orang tua, semakin banyaklah penggunanya.
      Mulanya memang kita akan saling menyapa, dan pastinya WA ini dijadikan ajang silaturahmi. Tentunya kita inginnya selalu menjaga silaturahmi, tanpa embel-embel apapun. Nah, jika di grup ini ada saja percakapan yang kurang berkenan, tentunya ada sebagian di anggota grup yang merasa risih. Apalagi jika setiap percakapan semakin semrawut. Bukan tidak mungkin volume percakapan di grup bertambah banyak, apalagi jika anda mempunyai lebih dari 1 grup. Belum lagi jika android yang digunakan bermasalah, dengan alasan terlalu penuh grup dan percakapan (chat) bla bla bla, kan bisa kewalahan juga, karena merasa terganggu oleh chat2 yang masuk.
    Hal yang umum kita lakukan, biasanya menghapus chats, agar bersih kembali alias kosong melompong. Dan sebagian orang yang merasa tidak nyaman di grup  biasanya hanya menjadi penonton saja (pasif), yang kita kenal sebagai pengguna non aktif. Dengan alasan yang berbeda-beda, dan yang lebih ekstrim lagi adalah keluar dari grup (jika sudah saatnya), hal yang demikian memang telah terjadi dari pengalaman kita sehari-hari. Tetapi untuk sebagian orang kadang segan keluar dari grup karena merasa takut menyinggung perasaan orang lain. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara keluar dari grup WA baik yang ketahuan maupun tidak ketahuan oleh admin dan grup lainnya karena merasa tidak nyaman dan terganggu (seperti banyak yang dicari orang). Saya hanya memberikan cara lain, jika memang anda memerlukannya. Agar kita tidak terganggu, Whatsapp menyediakan fitur mematikan atau membisukan pemberitahuan grup. Caranya sangat mudah, dan kita tidak akan lagi mendapat banyak notifikasi dari obrolan dalam grup yang tidak kita inginkan.

Berikut ini caranya :

1.  Buka Whatsapp grup yang ingin kita matikan notifikasinya
2   Tap "3 titik vertikal - Bisukan notifikasi"
     jika sudah di tap, otomatis pada tampilan akan aktif (mute digunakan)







3.  Pilih waktu yang kita inginkan untuk tidak menerima notifikasi, silahkan pilih mau
     8 jam, 1  minggu, atau 1 tahun, sesuai keinginan anda.







4.  Hilangkan centang tampilkan notifikasi (pemberitahuan)



5. klik Ok.



      Itulah cara untuk membisukan atau mematikan notifikasi di WA, gambar pada aplikasi ini umum digunakan di setiap android, kecuali pada iphone mungkin gambarnya berbeda. Bagi anda yang merasa terganggu di grup WA ini mungkin salah satu cara untuk mengatasinya, tanpa harus keluar dari grup. Untuk mengembalikan notifikasi Anda tinggal tap 3 titik vertikal di sebelah kanan atas, lalu pilih bunyikan (nyalakan) notifikasi. Demikianlah sehingga anda tidak terlalu terganggu oleh chat grup di WA anda, semoga berguna.

























23/06/18

Cara menghilangkan tanda silang pada bendera di action center pada komputer dan laptop

      Lama gak menggunakan komputer setelah liburan panjang (Hari Raya), hampir satu bulan lamanya. Begitu nyalain komputer mulai ada yang gak beres, seperti anti virus gak update, Sebelumnya ada notifikasi bahwa avast antivirus sudah tidak update dan terdapat tanda silang pada icon avast di panel taskbar. Begitupun windows gak update pula. Sebelum memulai aktivitas ya terpaksa di "clean" dulu. Setelah di update secara online tanda silang pada avast di task bar sudah tidak muncul lagi. 




      Ketika dilihat pada panel taskbar yang terletak disudut kanan bawah, kok ada tanda silang pada bendera di action center. Hal ini cukup mengganggu, akhirnya kutemukan juga caranya dari blog yang dapat dipercaya. Fungsi action center ini sebenarnya untuk pemberitahuan mengenai komputer anda mengenai proteksi atau perlindungan dari berbagai hal yang tidak diinginkan termasuk pesan untuk mengaktifkan windows firewall maupun windows defender, dan tentunya anda dapat mengabaikannya jika memang hal itu diperlukan. Dan ternyata caranya sangat mudah, sehingga anda dapat menghilangkan tanda silang yang dirasa mengganggu tersebut. Saya akan menjelaskan caranya.

Berikut saya jelaskan langkahnya (satu persatu) :
1. Pertama klik pada bendera yang ada tanda silang tersebut
2. Biasanya ada tulisan "important messages", setelah anda klik
3. Anda dibawa ke halaman action center, perhatikan tulisannya
4. Klik pada "turn off messages..." tersebut
5. Terakhir close (tutup), maka action center yang bertanda silang akan hilang.


Sekianlah penjelasan dari saya, semoga dapat membantu.








21/05/18

Beberapa istilah etika dan penjelasannya secara singkat

       Pada postingan sebelumnya saya pernah menulis mengenai Etika dan moral, DISINI beberapa bulan yang lalu. Nah pada kesempatan kali ini khusus menjelaskan definisi atau istilah-istilah yang berkaitan dengan etika, sebagai kelanjutan dari postingan yang terdahulu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengenai  pengertian etika. Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yang artinya watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Disini saya tambahkan pengertian dari Etika.

Etika menurut para ahli :

Aristoteles : Etika adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu problema tindakan manusia, dan mendefinisikan etika menjadi 2 pengertian yaitu: Terminius Technicus dan Manner and Custom.

Soegarda Poerbakawatja  :  Etika adalah Ilmu yang memberikan arahan, acuan, serta pijakan pada suatu tindakan manusia.

K. Bartens : Etika adalah nilai dan norma moral yang menjadi suatu acuan bagi manusia baik individual maupun kelompok dalam mengatur tingkah laku.

H.A.Mustafa : Etika sebagai ilmu yang menyelidiki terhadap suatu  perilaku baik atau buruk dengan memerhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang diketahui oleh akan serta pikiran manusia
.
DR. James J. Spillane SJ : Etika adalah mempertimbangkan suatu tingkah laku manusia di dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan moral. Berhubungan dengan akal budi secara objektif guna menentukan benar atau salah serta tingkah laku seseorang terhadap lainnya.

W.J.S. Poerwadarminta : Etika adalah ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia yang dilihat dari sisi baik dan buruknya yang sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.
Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Baiklah berikut ini beberapa  istilah dan definisi dalam pemikiran etika :

   

Ø      Etika Nichomachean, menurut Aristoteles  (382-322 SM) atau Etika Nikomakea memusatkan perhatian pada pentingnya membiasakan berperilaku bajik dan mengembangkan watak yang bajik pula. Aristoteles menekankan pentingnya konteks dalam perilaku etis, dan kemampuan dari orang yang bajik untuk mengenali langkah terbaik yang perlu diambil. Aristoteles berpendapat bahwa eudaimonia adalah tujuan hidup, dan bahwa usaha mencapai eudaimonia, bila dipahami dengan tepat, akan menghasilkan perilaku yang bajik.

Ø       Etika Hellenistik (Aristoteles), di era kerajaan Kaisar Aleksander Agung (356-323 SM) ; Merupakan rangkaian tambahan pada pandangan Aristoteles tentang pemenuhan dan kebahagiaan manusia. Filsafat helenisme berasal dari filsafat hellens (nama orang) termasuk kaum zabaniyah, yang mencari kebenaran melalui akal. Filsafat Hellenisme menurut pengertian etika adalah “Manusia hendaknya mengikuti saja suratan takdir dan penentuan alam baginya. Dengan demikian, ia akan mencapai harmoni dengan alam yang akan membawanya kepada kebahagiaan.

 
Ø      Determinisme Ekonomi,  menurut Karl Marx  (1818-83); Marx menyatakan sejarah sebagai serangkaian masa yang dibedakan hanya oleh “mode produksi” ekonomi yang langsung membagi kelas-kelas dan perjuangan yang tida terelakkan di antara mereka.

Ø     Utilitarianisme, teori yang digagas Jeremy Bentham (1748-1832); serta  oleh muridnya yaitu John Stuart Mill (1806-1873),  Rudolph Ritter von Jhering (1818-1892);  Menyatakan bahwa tindakan dan kebijakan perlu dievaluasi berdasarkan manfaat dan biaya yang dibebankan pada masyarakat. Jeremy Bentham sering dianggap pendiri utilitarianisme tradisional. Bentham berusaha mencari dasar objektif dalam membuat keputusan yang mampu memberikan norma yang dapat diterima publik dalam menetapkan kebijakan dan peraturan sosial. Dasar yang objektif adalah dengan melihat pada berbagai kebijakan yang dapat ditetapkan dan membandingkan manfaat serta konsekuensi-konsekuensinya. Tindakan yang tepat dari sudut pandang etis adalah dengan memilih kebijakan yang mampu memberikan utilitas yang besar. Secara singkat, prinsip utilitarian menyatakan bahwa :  Suatu tindakan dianggap benar dari sudut pandang etis jika dan hanya jika jumlah total utilitas yang dihasilkan dari tindakan tersebut lebih besar dari jumlah total utilitas oleh tindakan yang dapat dilakukan.

Ø     Pluralisme, menurut John Stuart Mill (1806-73); Masyarakat yang sehat adalah masyarakat dengan beragam individu dan gaya hidup.  diilhami oleh modernisme atau liberalisme agama. Ada faktor – faktor lain yang memunculkan liberalisme agama. Untuk memahami lebih jauh, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu secara garis besar perkembangan sejarah dan prinsip-prinsip pemikiran liberalisme agama dan politik.


Ø    Skeptisisme Radikal, menurut David Hume (1711-76); Menurutnya, semua pengetahuan pada dasarnya harus melalui indra kita. Dalam situasi apa pun, tindakan atau kebijakan yang “benar” adalah yang memberikan manfaat paling besar atau biaya paling kecil (bila semua alternatif hanya membebankan biaya  bersih). Sebuah prinsip moral yang mengklaim bahwa sesuatu dianggap benar apabila mampu menekan biaya sosial (social cost) dan memberikan manfaat sosial (social benefit). Dalam pemikiran Hume ada skeptisme ekstrem radikal, bentuk keraguan ekstrem atas kemungkinan bahwa kepastian dalam pengetahuan merupakan hal yang biasa dicapai. Salah satu konsep mendasar tentang filsafat sains adalah empirisme, atau ketergantungan pada bukti. Empirisme adalah cara pandang bahwa ilmu pengetahuan diturunkan dari pengalaman yang kita alami selama hidup kita.


Ø     Perspektivisme, menurut Richard Mervyn Hare (1919-2002); Sebagai kelanjutan teori FriedrichWilhelm Nietzsche (1844 –1900 seorang tokoh pertama dari eksistensialisme modern yang ateistis. Filsafat Nietzsche adalah filsafat cara memandang ‘kebenaran’ atau dikenal dengan istilah filsafat perspektivisme. Nietzsche juga dikenal sebagai “sang pembunuh Tuhan” (dalam Also sprach Zarathustra). Ia memprovokasi dan mengkritik kebudayaan Barat di zamannya (dengan peninjauan ulang semua nilai dan tradisi atau Umwertung aller Werten) yang sebagian besar dipengaruhi oleh pemikiran Plato dan tradisi kekristenan (keduanya mengacu kepada paradigma kehidupan setelah kematian, sehingga menurutnya anti dan pesimis terhadap kehidupan).


Etika Holistik.
      Seorang Utilitarian tidak akan keberatan mengikutsertakan tumbuhan, bahkan tanah, batu dan air ke dalam lingkaran moral, mengingat hidup manusia yang mereka dukung. Etika Holistik mengajukan pentingnya moral pada satuan tidak bergerak seperti batu dan pohon atas dasar-dasar tertentu, dengan mengutip nilai intrinsik mereka atas “keragaman”,kesalinghubungan”, dan “kekayaan ekologi”, semua nilai kegunaan mereka pada manusia atau makhluk hidup lain.

Prinsip Antropik.
      Dikembangkan oleh para kosmolog dewasa ini. Prinsip ini menyatakan bahwa jagat raya berevolusi secara spesifik untuk memberikan kesempatan bagi perkembangan kehidupan manusia~makhluk yang berkesadaran. Jika ini benar, manusia sangat beruntung telah selamat dari berbagai keganjilan universal. Oleh karena itu ada beberapa anggapan bahwa : Ancaman terbesar keselamatan kita adalah diri kita sendiri. Kita bisa membinasakan diri kita dan bumi kita dengan mudah melalui gabungan kebodohan yang egois dan teknologi yang mematikan (contohnya tekonologi nuklir), seperti yang pernah terjadi. Kita bisa menghadapi kenyataan bahwa kita hanyalah manusia dengan daya tangkap “pengetahuan” terbatas, yang kita dapatkan lewat peralatan persepsi dan konsepsi manusiawi, mungkin ada harapan untuk kita.  Etika masih merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk ditelusuri.


Demikianlah untuk postingan kali ini, semoga berguna.









Sumber :   
-  Mengenal Etika, For Beginners (Dave Robinson dan Chris Garrat)
-  Pengertian.net
-  academia.edu

























23/04/18

Prediksi SOAL-SOAL UN Pelajaran IPA untuk SMP 2018

    Pada kesempatan kali ini saya memuat postingan mengenai prediksi soal-soal UN Pelajaran IPA tingkat SMP

1. Perhatikan tabel berikut !









Yang termasuk besaran turunan dengan satuan SI terdapat pada tabel nomor ....

A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 2, 4 dan 5
D. 3, 4 dan 5

2. Perhatikan gambar berikut !










Massa benda X pada pengukuran tersebut ….
A. 550 kg
B. 5,5 kg
C. 0,55 kg
D. 0,055 kg

3. Perhatikan gambar pengukuran waktu suatu kegiatan berikut !








Kegiatan tersebut berlangsung selama ....
A. 15 menit 43 detik
B. 15 menit 42 detik
C. 16 menit 43 detik
D. 14 menit 44 detik

4. Perhatikan gambar berikut!












Jika pengukuran dengan alat tersebut dimulai saat ketiga jarum menunjuk angka 12, hasil
pengukuran ….
A. 4345 detik
B. 36145 detik
C. 36445 detk
D. 36865 detik

5.Perhatikan beberapa sifat fisik zat berikut!
1.Bentuk dan volumnya tetap
2.Jarak antar molekul sangat rapat
3.Bentuk berubah, volum tetap
4.Jarak antar molekul sangat renggang
5.Gerak molekul bebas pada kelompoknya
6.Bentuk dan volum berubah
7.Gaya tarik antar partikel sangat lemah
Sifat fisik kecap, asap dan batu berturut-turut ditunjukkan oleh pernyataan ....
A. (1,2) ( 3,4) dan (6,7)
B. (1,2) 3,5) dan (6,7)
C. (3,5) (6,4) dan (1,2)
D. (2,3 (1,4) dan (5,7)

6. Perhatikan tabel berikut!








Urutan benda yang massa jenisnya terkecil hingga terbesar adalah ….
A. S-P-Q-R
B. S-Q-P-R
C. R-P-S-Q
D. Q-S-P-R

7. Perhatikan tabel berikut !










Posisi benda yang benar sesuai dengan gambar ....









    A,                    B.                    C.                    D.

8. Beberapa benda dari bahan sama dimasukkan ke dalam zat cair yang berbeda seperti gambar.







Massa jenis zat cair dari yang terbesar hingga yang terkecil adalah ….
A. K-L-M-N
B. K-M-L-N
C. N-L-M-K
D. L-K-M-N

9.Poros mesin yang berputar pada sebuah bantalan, setelah berputar lama menjadi longgar.
Hal ini disebabkan ….
A. koefisien muai bahan poros lebih besar dari bahan bantalan
B. koefisien muai bahan poros lebih kecil dari bahan bantalan
C. kalor jenis bahan bantalan lebih besar dari kalor jenis bahan poros
D. kalor jenis bahan bantalan lebih kecil dari kalor jenis bahan poros

10.Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
1.Kecepatannya berubah secara teratur
2.Kecepatannya sama setiap waktu
3.Percepatannya sama tiap satuan waktu
4.Jarak tempuhnya berubah secara teratur
5.Jarak tempuhnya bertambah secara tetap setiap waktu.
Pernyataan yang benar tentang GLB dan GLBB adalah ….
A. 1, 2 dan 3, 4
B. 1, 4 dan 2, 3
C. 1, 3 dan 4, 5
D. 2, 5 dan 1, 3


11. Beberapa logam dipanaskan secara bersama sehingga suhunya sama






     
              Sebelum dipanaskan                        Sesudah dipanaskan 


Berdasarkan tabel, logam 1, 2, 3, dan 4 adalah …











A. kuningan, besi, tembaga, alumunium
B. tembaga, besi, kuningan, alumunium
C. tembaga, kuningan, besi, alumunium
D. kuningan, alumunium, besi, tembaga

12. Perhatikan gambar bimetal sebelum dan sesudah dipanaskan.









Jika koefisien muai panjang logam seprti tertera pada tabel












Logam yang paling mungkin untuk M dan N berturut-turut adalah ….
A. 2 dan 3
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 1

13. Perhatikan grafik suhu-kalor (t-Q) pada perubahan 1600 gram es berikut !














Jika kalor jenis es 2100 J/kgOC , kalor jenis air 4200 J/kgOC dan kalor lebur es 330.000 J/kg, kalor yang diperlukan pada proses A ke C adalah ....
A. 33.600 J
B. 528.000 J
C. 561.600 J
D. 661.600 J

14. Perhatikan tabel berikut !









Benda yang memiliki sifat GLB dan GLBB adalah ….
A. P, Q dan R, S
B. P, R dan Q, S
C. P, R dan S, T
D. Q, T dan R, S

15. .Beberapa gaya bekerja pada benda seperti gambar. Yang memenuhi kelembaman ditunjukkan oleh gambar.











           A.                   B.                    C.                    D.




16. Beberapa gaya bekerja pada balok seperti gambar.


Percepatan yang diterima balok adalah ….
A. 6,75 m/s2
B. 4,5 m/s2
C. 4,0 m/s2
D. 2,0 m/s2

17. Batu yang massanya 4 kg jatuh bebas dari ketinggian 15 m. Pada ketinggian 6 m dari tanah,energi  kinetik batu mencapai (g = 10 m/s2) ….
A. 600 J
B. 360 J
C. 240 J
D. 150 J

18. Benda yang massanya 5 kg jatuh dari ketinggian. Ketika benda berada pada ketinggian 4 m, kecepatan benda mencapai 10 m/s. Energi kinetik yang dimiliki benda saat menyentuh tanah  (g =10 m/s2) adalah ….
A. 450 J
B. 250 J
C. 200 J
D. 160 J

19. Ali dan Madun mendorong meja dengan arah berlawanan. Ali mendorong dengan gaya 150 N  dan  Madun dengan gaya 120 N. Selama di dorong meja berpindah sejauh 2 meter ke arah  Madun. Berarti :
1.Ali melakukan usaha 300 J
2.Madun melakukan usaha – 240 J
3.Ali dan Madun melakukan usaha 540 J
4.Usaha yang bekerja pada meja 60 J
5.Usaha yang dilakukan Madun bernilai nol

20.Pernyataan yang benar ….
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 5
D. 3, 4, 5

21. Perhatikan beberapa kegiatan berikut!
1.Sopir yang sedang mengemudikan mobil melakukan usaha nol terhadap mobil
2.Ketika orang menurunkan benda dari atas meja ke lantai melakukan usaha positif
3.Orang yang sedang mengamati layar komputer, tidak melakukan usaha
4.Seorang atlet yang sedang menahan barbel di atas kepala melakukan usaha positif
Pernyataan yang benar adalah …..
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

22. Perhatikan gambar tuas berikut !.








Jika beban digeser sejauh 25 cm menjauhi titik tumpu, apa yang harus dilakukan agar tuas tetap dalam keadaan seimbang?
A. Kuasa dikurangi 40 N
B. Kuasa ditambah 60 N
C. kuasa ditambah 120 N
D. Beban dikurangi 360 N





      Demikianlah Prediksi SOAL-SOAL UN Pelajaran IPA untuk SMP 2018, semoga bermanfaat dan selamat belajar !.

















Sumber : ikiguru.com






04/04/18

SOAL-SOAL UN Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP (Bagian 2) lanjutan

The following text is for questions number 25 to 27.
 

25.  Who searched the plane carefully?
A. The pilot.
B. The police.
C. The air-hostesses.
D. The passengers.

26. Why did the plane fly back to the airport?
A. The pilot was afraid of bombs.
B. The pilot forgot about something.
C. The passengers were frightened.
D. Police suspected that there was a bonb on the plane

27. What is the main idea of paragraph three?
A. The writer felt frigtened.
B. The police searched the plane carefully.
C. Somebody said that there was a bomb on the plane.
D. There was a very important person on board.


 The following text is for questions number 28 to 30.


28. “He gulped down the tea without ralizing that it was very hot,... “(Paragraph 2)
The word it refers to....
A. the tongue
B. the toast
C. the tea
D. the coffee

29. What happened with the boy when he got his bteakfast ?
A. His breakfast was not ready.
B. He did not prepare it.
C. He burned his toast.
D. He hurt his tongue

30. The text tells us about the boy’s....
A. good day
B. lucky day
C. bad day
D. fine day


The following text is for questions number 31 to 34.


31. What made the donkey jealous of the dog ?
A. The halter that he has te wear.
B. The beating that he has.
C. The farmers’s care to the dog.
D. The chance to stay inside the house.

32. What is the main idea of paragraph 3 ?
A. The donkey wanted to be loved by its naster.
B. The way the farmer treated the donkey.
C. The things done by the donkey to be loved.
D. Te dog’s habit is liked by the master.

33. The best title for the text is ?
A. The farmer and his dog.
B. The donkey and the lapdog
C. The farmer and the donkey.
D. The dog and it’s master

34. What can we learn from the text ?
A. It is good to share things with others.
B. It is not good to help others.
C. It is not good to be envious to others.
D. It is good to keep your promise.


The following text is for questions number 35 to 38



35. Who stopped to smell the scent of the bread ?
A. The baker.
B. The police.
C. The old poor man.
D. Juhha, the wise man.

36. What did the baker do to the old man ?
A. He wanted to hear the sound of the old man money.
B. He demanded the old man to pay for the scent.
C. He shouted his problem to the old man.
D. He gave the old man some solution.

37. “... which was popular for its delicious bread”
(paragraph 1)
What does the word “delicious” mean ?
A. Sour
B. Tasty
C. Bitter
D. Unpleasant

38. What can we learn from the story above ?
A. We must help poor people.
B. We must take the benefit of what we offer.
C. We should pay nothing for things we use.
D. We shouldn’t ask other to pay for what they don’t get.

Read the text and answer questions 39 to 42.


39. Which one creates Jellyfish’s light ?
A. White blood.
B. Nervous system.
C. Chemical reactions.
D. Salt water

40. Based on text, we know that....
A. they belong to invertebrate animals.
B. they have heads like other animals.
C. Their brains helps them find the food.
D. They cannot live in fresh water.

41. What is the text about ?
A. Jellyfish.
B. Kinds of all fish.
C. All invertebrate animals.
D. Some kinds of sea animals.

42. “Some jellyfish can glow in darkness by making their own light.” (paragraph 3) 
     The word “glow” in the sentnce means ....
A. move
B. produce
C. appear
D. shine

Complete the following paragraph with correct word.


43. ....
A. for
B. from
C. since
D. during

44. ....
A. come
B. came
C. comes

D. coming
45. A. park
B.  store
C.  job
D.  room

The following text is for questions number 46 to 48

46. ....
A. shiny
B. soft
C. thick
D. hard

47. ....
A. close
B. hide
C. protect
D. put

48. ....
A. complitely
B. insufficiently
C. partly
D. slightly

49. Arrange the following words into a good sentence.
      Poor  –   ashamed   –    his  –   was  –   of  –   because  –
         1               2                3           4           5            6
      Malin Kundang    –    mother 
                7                           8

A. 7 – 4 – 6 – 3 – 1 – 8 – 5 – 2
B. 7 – 4 – 1 – 6 – 3 – 8 – 5 – 2
C. 7 – 4 – 2 – 6 – 5 – 3 – 1 – 8
D. 7 – 4 – 2 – 6 – 3 – 1 – 8 – 5 

50. Arrange  these sentences into a meaningful recount text.
(1) Thirty people died, all of them were British.
(2) There were only four survivors, who managed to get out through a broken window.
(3) There was a terrible accident o the motorway near Gondolfo last night.
(4) Luckily the motorway was quiet and no other vehicle was onvolved in the crash.
(5) The coach was owned by Gladway Tours London.
(6) And the driver was in hurry.
(7) A coach overturned and caught fire.
(8) The coach left London two hours late.

A. 3 – 7 – 1 – 5 – 4 – 2 – 6 – 8
B. 3 – 7 – 1 – 5 – 2 – 4 – 8 – 6
C. 3 – 7 – 5 – 2 – 1 – 6 – 8 – 4
D. 3 – 7 – 5 – 8 – 6 – 4 – 2 – 1 


     Demikianlah postingan (Soal-soal UN Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP) bagian 2 untuk kali ini, semoga bermanfaat.













PEMBAHASAN :
25. Orang menggeledah pesawat terbang... “after we landed....artinya :
Setelah kami mendarat...polisi menggeledah... Jawaban yang benar  : B
26. Alasan mengapa pesawat terbang itu kembali lagi ke Bandara karena polisi menduga bahwa disana ada bom.....Jawaban yang benar : D
27. Gagasan utama dari paragraf ketiga adalah ‘there was a very important person on board”,  artinya disana ada orang penting di kapal..... Jawaban yang benar : D
28. Kata ‘it’merujuk pada objek yang telah disebutkan pada klausa sebelumnya ; “the tea” artinya teh, pada klausa “He gulped down the tea without realizing....” Jawaban yang benar : C
29. Berdasarkan penjelasan dari paragraf kedua,kalimat kedua: “He gulped down the tea without realizing....”Jawaban yang benar : D
30. Secara keseluruhan teks tersebut membahas tentang kurang beruntungnya anak laki-laki itu pada pagi itu (paragraf pertama) : “One day, a boy got up with the feeling that day was going to be unlucky....” Jawaban yang benar : C
31. Berdasarkan isi teks yang merupakan jenis teks narrative, tentang seekor keledai dan seekor anjing paraan....”perhatian petani terhadap anjing ‘the farmer ‘s care to the dog’ dijelaskan pada paragraf pertama “The donkey worked hard all day,hauling heavy loads.....”Jawaban yang benar :  C
32. Gagasan utama paragraf ketiga adalah : “the things done by the donkey to be loved” artinya sesuatu yang dilakukan oleh keledai untuk disenangi. Jawaban yang benar : C
33. Judul yang terbaik dari bacaan tersebut adalah ‘donkey and the lapdog’ berdasarkan kalimat : ‘Once a farmer owned a donkey and a lapdog’. Jawaban yang benar : B
34. Yang dapat kita ambilkesimpulan dan hikmah dari bacaan tersebut yang benar adalah : “It is not a good to be envious toothers” artinya : Tidak baik untuk iri denga orang lain. Jawaban yang benar : C
35. Orang yang berhenti lalu dia mencium harumnya roto adalah ‘the old poor man’ pada kalinat terjemahan : pada suatu hari prang tua miskin itu sedang berjalan di jalan lewat toko roti dan dia berhenti  mencium harumnya roti.....”Jawaban yang benar : C
36. Padaparagraf ketiga terdapat kalimat :’Suddenly the baker caught the old man ands houted.......”
Selanjutnya : ‘He demanded the old man.....’ yang artinya tukang roti itu menuntut kepada orang tua miskin untuk membayar...Jawaban yang benar : B
37. Kata ‘delicious’ dalam kalimat tersebut berarti enak/gurih. Kata ini sama artinya dengan kata ‘tasty’ yang aertinya lezat. Jawaban yang bebar : B
38. Pada kalimat ‘We shouldn’t ask other topay what they don’t get’ artinya : kita sebaiknya tidak meminta bayaran apa apa yang mereka tidak miliki. Jawaban yang benar: D
39. Ubur-ubur bisa menciptakan cahayanya sendiri itu berasal dari susunan reaksi kimia,bisa dilihatpada kalimat “The light is made by chemical reaction...”. Jawaban yang benar : C
40. Ubur-ubur termasuk hewan yang tidak bertulang belakang pada kalimat “they belong to invertabrate animals’ . Jawaban yang benar : A
41. Teks jenis decsiptive menjelaskan secara khusus tentang ubur-ubur. Jawaban yang benar: A
42. Kata “glow” dalam kalimat tersebut berarti menerangi.Kata ini sama artinya dengan “shine” yang artinya bercahaya. Jawaban yang benar : D
43. Kalimat : “Saya pegi ke Jerman dengan keluargaku....Menggunakan kata sambung. Jawaban yang benar : D
44. Kalimat : “Hari menjelang gelap, jadi kami mencari sebuah hotel. Kemudian kami.... “. Menggunakan kata kerja. Jawaban yang benar : B
45. Kalimat : “Kemudian kami datangi dua hotel masing-masing hotel dengan....terbuka”. Menggunakan kata benda (park) tempat parkir. Jawaban yang benar : A
46. Kalimat : “Sebagian besar kepiting mempunyai cangkang yang....untuk melindungi tubuhnya”. Menggunakan kata sifat ‘hard’ . Jawaban yang benar : D
47. Kalimat :”Kepiting pertapa mempunyai sebuah badan yang lembut dan tidak mempunyai cangkang sendiri. Oleh karena itu ubtuk....dirinya sendiri,..” Menggunakan kata kerja “protect “. Jawaban yang benar : C
48. Kalimat : ”.....dia akan menemukan cangkang kerang-kerang yang kosong dan menyelusup...” Kata tambahan untuk melengkapi kalimat tersebut adalah kata adverb ‘partly’. Jawaban yang benar : C
49. Susunan kata yang benar membentuk kalimat : “Malin Kundang was ashamed because of his poor mother”. Jawaban yang benar : C
50. Susunan kalimat yang benar, kalimat-kalimat tersebut membentuk paragraf. Jawaban yang benar : D