14/12/24

Hans Joachim Pabst Von Ohain, Penemu mesin pesawat turbojet pertama. Lahir pada tanggal 14 Desember

      Hans Joachim Pabst von Ohain (14 Desember 1911 – 13 Maret 1998) adalah seorang fisikawan, insinyur, dan perancang pesawat pertama yang menggunakan mesin turbojet . Bersama dengan Frank Whittle dan Anselm Franz, ia digambarkan sebagai salah satu penemu mesin turbojet. Namun, garis waktu historis menunjukkan bahwa von Ohain masih seorang mahasiswa ketika, pada bulan Januari 1930, Whittle mengajukan paten pertamanya untuk mesin turbojet dan berhasil menguji mesin pertamanya pada bulan April 1937, sekitar 6 bulan sebelum von Ohain. Selain itu, sebelum merancang mesinnya dan mengajukan patennya sendiri pada tahun 1935, von Ohain telah membaca dan mengkritik paten Whittle.


     Setelah memperoleh gelar doktornya di Universitas Göttingen , ia menjadi asisten junior Hugo von Pohl, direktur Institut Fisika di sana. Ketika pembuat pesawat Jerman Ernst Heinkel meminta bantuan universitas dalam desain, Pohl merekomendasikan Ohain, yang bergabung dengan perusahaan manufaktur Heinkel pada tahun 1936.

Young Hans Van Ohain

     Percobaan Ohain, yang dilakukan secara rahasia di pabrik Heinkel, menghasilkan uji bangku pada tahun 1937 dan pesawat jet yang beroperasi penuh, He 178, pada tahun 1939. Pesawat ini melakukan penerbangan pesawat bertenaga jet pertama di dunia pada 27 Agustus 1939. Mesin turbojet aliran sentrifugal Ohain, HeS 3B, bekerja dengan sempurna, meskipun roda pendaratan pesawat gagal ditarik , mencegah pilot uji untuk berakselerasi ke kecepatan yang direncanakan.

Dr. Hans-Joachim Pabst von Ohain beside his He S 3A jet engine which he invented, developed and successfully tested in 1936.

     Ohain melanjutkan karyanya, mengembangkan mesin yang lebih baik, HeS 8A, yang pertama kali diterbangkan pada tanggal 2 April 1941. Desain mesin Ohain, yang menggunakan kompresor sentrifugal, secara inheren kurang efisien daripada yang menggunakan kompresor aliran aksial, dan itu adalah turbojet jenis ini, yang dirancang oleh Anselm Franz, yang menggerakkan Me 262, pesawat jet tempur operasional pertama di dunia.

Hans von Ohain in the 1970s

    Mesin Ohain, sebagai perbandingan, jarang digunakan dalam Perang Dunia II . Setelah perang, Ohain menetap di Amerika Serikat , di mana ia bekerja pada pesawat jet untuk Angkatan Udara AS. 

Sir Frank Whittle and Hans Von Ohain

    Pada tahun 1973, dia menjadi Kepala Ilmuwan Laboratorium Propulsi Aero, yang mengemban tanggung jawab untuk menjaga kualitas teknis penelitian Angkatan Udara AS dalam propulsi bernapas udara, tenaga, dan petrokimia.


    Prestasinya di bidang tersebut membuatnya mendapat pengakuan nasional dan internasional.


     Selama 32 tahun mengabdi di pemerintahan, Ohain menerbitkan lebih dari 30 makalah teknis, mendaftarkan lebih dari 19 paten AS, dan memenangkan banyak penghargaan.




     Demikianlah, untuk postingan saat ini, semoga berguna dan dapat menambah wawasan.



Sumber: britannica.com ; daytonregionwalkoffame.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar